Asal Mula Kimchi

Kimchi biasa dikenal dengan sayuran sawi putih dan lobak difermentasi, kemudian ditambah dengan bubuk cabe dan rasa yang asam. Selain rasanya yang segar, kimchi juga dikenal cocok untuk diet dan dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor lho. Bahkan kimchi Korea dikenal sebagai salah satu dari lima makanan tersehat di dunia menurut Health Magazine. Selain karena sayur yang memang membuat badanmu menjadi sehat, ditambah lagi kandungan bakteri hidup yang baik pada kimchi yang lebih banyak dari yogurt.

source: https://www.chowstatic.com


 

<baca juga>

Kimchi Korea

Kimchi Korea yang paling terkenal dan menjadi ciri khas adalah kimchi yang terbuat dari sawi putih, lobak, dan kemudian dicampur dengan bawang putih, cabai merah, daun bawang, cumi-cumi atau makanan laut lainnya. Tidak lupa ditambahkan dengan jahe, garam, dan gula. Perpaduan bahan-bahan tersebut membuat kimchi Korea ini memiliki ciri khas rasa yang cocok banget untuk menjadi setiap pendamping makanan Korea yang ingin kamu nikmati. Selain itu, kamu akan mendapatkan rasa yang segar banget dan tentunya sangat menyehatkan.

source: http://www.platingsandpairings.com


 

Kimchi Jepang

Kimchi Jepang biasa dikenal dengan nama kimuchi. Yang membedakan kimchi Jepang dan kimchi Korea adalah bahan-bahan yang digunakan. Berbeda dengan kimchi Korea yang dikenal dengan campuran sawi putih dan lobak, kimchi Jepang biasanya menggunakan bok choy sebagai bahan utama. Kemudian ditambahkan dengan daun bawang, wortel, jahe, bubuk cabe, dan garam. Meskipun kedua kimchi tersebut menggunakan bahan yang berbeda, tapi baik kimchi Korea maupun kimchi Jepang, keduanya memiliki rasa yang segar dan cocok sebagai hidangan pendamping makanan utamamu.

source: http://www.bearnakedfood.com


 

<baca juga>

Bubuk Cabai Sebagai Bahan Utama

Meskipun antara kimchi Korea dan kimchi Jepang memiliki perbedaan dengan bahan-bahan yang mereka gunakan, namun kedua kimchi tersebut sudah pasti menggunakan bubuk cabai. Di Korea itu sendiri baru mengenal bubuk cabai berkat pedagang Portugis dari Jepang yang datang ke Korea pada abad ke 16. Semenjak itu, kimchi tidak pernah absen dari campuran bubuk cabai yang selalu menjadi ciri khas dari makanan pendamping yang satu ini. Tentunya rasa cabai tersebut membuat kimchi ini terasa semakin sedap untuk disantap.

source: http://www.stylecraze.com

Itu dia perbedaan antara kimchi Korea dan kimchi Jepang. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu jauh, yang membedakan hanyalah pemilihan sayur yang difermentasikan sebagai bahan utama mereka. Namun keduanya memiliki manfaat yang sama karena tinggi akan serat dan rendah kalori. Jadi, kimchi Korea atau kimchi Jepang nih yang menjadi kesukaanmu, Beautynesian?