Banh Mi

source: http://sprinklesandsauce.com/lemongrass-pork-banh-mi/
Banh Mi adalah istilah untuk semua jenis roti di Vietnam, tapi itu menjadi identik dengan sandwich lezat yang mungkin digambarkan sebagai hoagie Vietnam. Sebuah produk dari kolonialisme Perancis di Asia Tenggara, Banh Mi mampu menggabungkan bahan-bahan dari Barat dan Timur. Banh Mi sendiri terdiri dari roti baguette yang diisi dengan daging (bisa babi panggang atau bakso), irisan mentimun, tangkai daun ketumbar, acar wortel, lobak, hati pate, dan mayones. Makanan ini semakin populer dan mudah ditemukan di belahan dunia bagian barat.

Tagine

source: http://www.lemonythyme.com/beef-tagine-with-butternut-squash/
Tagine adalah berber soup dari Afrika Utara yang dimasak selama berjam-jam di atas bara panas. Di luar itu, akan ada banyak variasi antara satu tajine dan lain, tapi komponen dasarnya adalah daging (domba, ayam, kambing, atau daging sapi), sayuran, dan bumbu-bumbu. Dari kuahnya, dapat kita rasakan bahwa tagine terbuat dari campuran banyak rempah.

Bhel Puri

source: http://saras.co.th/product/bhel-puri/
Snack jalanan India sangat bervariasi dari daerah ke daerah. Dan Bhel Puri adalah salah satu jajanan kaki lima yang dapat ditemukan di sebagian besar negara, khususnya Mumbai. Makanan ini merupakan kombinasi dari puffed rice, fried vermicelli, veggie, spices, dan chutneys. Hasilnya adalah keseimbangan yang menarik: manis, asin, dan pedas menjadi satu.

Jerk Chicken

source: http://thenottinghillcarnival.com/food/
Jerk Chicken merupakan makanan yang diketahui sebagai kuliner ekspor paling terkenal di Jamaika. Tapi jika Minasan belum pernah menyobanya langsung di sana, Minasan tidak akan merasakan sensasinya. Meskipun siapapun bisa membuat saus jerk menggunakan rempah-rempah berries, thyme, paprika Scotch bonnet, daun bawang, jahe segar, dan saus minyak atau kedelai, hanya di Jamaika lah daging ayamnya dimasak dengan benar. Semua Jerk Chicken dimasak di atas potongan kayu hijau segar yang ditempatkan pada tungku terbuka di atas arang yang mampu memberikan rasa smokey.

Pierogi

source: http://www.realepicurean.com/2007/01/polish-pierogi-z-kapusta-i-grzybami/
Minasan akan menemukan versi Pierogi di seluruh Eropa Timur. Namun, Krakow adalah satu-satunya kota yang memiliki festival yang didedikasikan untuk pangsit buatan tangan ini. Pierogi terbuat dari adonan tepung yang sederhana, telur, air dan garam, yang dibentuk seperti pastel dan diisi dengan daging, kentang atau keju. Semua bahan direbus terlebih dahulu dan kemudian digoreng dengan mentega.

Ceviche

source: http://www.wearenotmartha.com/2013/02/tequila-shrimp-ceviche-with-chile-dusted-tortilla-chips/
Ceviche dikenal sebagai hidangan nasional Peru, dan popularitasnya juga berkembang di seluruh dunia. Bahan utamanya adalah ikan mentah segar yang direndam dalam air jeruk nipis, garam dan cabai. Cobalah laut bass ceviche dengan jagung manis dan ubi jalar di sisinya.

Kunafa

source: http://eatcorner.com/kunafa/
Makanan yang sudah ada sejak abad ke-19 ini biasanya dihidangkan sebagai ta'jil buka puasa atau sahur. Kunafa diolah dari phyllo pastry yang dalamnya dicampur keju, kacang-kacangan, cherry, ditambah sirup yang bikin rasanya tambah manis.

Bunny Chow

source: http://www.bbc.co.uk/food/0/25745902
Dengan bahan berupa roti tawar yang dikeruk isinya sampai setengah kosong, Bunny Chow diisi dengan kari daging (biasanya daging kambing) dan beberapa topping. Makanan asal Durban, Afrika Selatan, ini terpengaruhi dengan budaya India yang dibawa imigran India ke Durban dulu. Sekarang, street food ini banyak dijual di Inggris dan Amerika juga, lho!