Nasi Biryani

Nasi Biryani atau yang juga biasa disebut Nasi Basmati adalah makanan khas India yang sangat populer. Makanan olahan nasi yang berasal dari beras basmati ini memiliki bentuk yang khas. Berbeda dengan beras putih yang biasa dikonsumsi orang Indonesia, beras basmati memiliki bentuk yang lebih besar dan panjang. Nasi Biryani dimasak dengan campuran beragam rempah-rempah yang terdiri dari merica, lada dan kunyit.

source: https://www.pinterest.com/pin/546624473512574150/

Nasi Biryani biasanya disajikan bersama dengan kuah kental khas yang kaya akan rempah-rempah. Ditambah dengan sajian masakan sayuran atau masakan daging ayam, kambing atau sapi sebagai pelengkap sajiannya.

 

baca juga

Butter Chicken

Butter Chicken yang biasa disebut Ayam Mentega oleh orang Indonesia adalah salah satu makanan khas India yang populer di dunia. Masakan ini merupakan makanan olahan boneless chicken (ayam tanpa tulang) yang dimasak hingga teksturnya empuk. Kemudian, ayam yang sudah matang dimasak kembali dengan campuran bumbu kayu manis, kunyit, ketumbar, merica, jintan, bawang putih dan mentega. Perpaduan bumbu rempah dan gurihnya mentega yang menghasilkan makanan khas dengan rasa lezat yang cocok di semua lidah.

source: https://www.pinterest.com/pin/242068548698165455/


 

Sambar dan Idli

Kalau kamu sedang melakukan diet dan mencari makanan enak yang rendah lemak, kamu wajib mencoba makanan India yang satu ini. Sambar dan idli dapat menjadi rekomendasi makanan sehat kamu. Kedua makanan ini merupakan kombinasi santapan yang dibuat dalam satu sajian berupa kacang hitam dan nasi yang difermentasikan. Sambar dan idli akan semakin enak jika dinikmati bersama sayuran dengan rasa pedas. Kandungan gizinya yang cukup tinggi membuat makanan ini pas banget untuk kamu yang ingin kenyang berenergi tanpa khawatir gemuk!

source: https://www.pinterest.com/pin/240872280052037196/


 

baca juga

Chole

Masakan khas India yang satu ini adalah salah satu masakan lezat dengan bahan dasar yang sederhana. Chole merupakan kari kacang yang terbuat dengan kombinasi tomat, buncis dan bawang serta rempah-rempah khas India. Dengan cita rasa yang kaya akan rempah-rempah, chole sangat nikmat jika disantap saat masih hangat. Biasanya chole juga disajikan dengan tambahan pelengkap daging ayam suwir.

source: https://www.pinterest.com/pin/569846159076232750/


 

Ayam Tandoori

Terakhir, masakan khas India yang menjadi favorit bagi orang India dan dari berbagai negara lain adalah Ayam Tandoori. Sajian olahan ayam yang juga disebut dengan Tandoori Murg biasanya sering disajikan untuk makanan sehari-hari karena proses masak yang relatif mudah. Bentuknya kurang lebih sama seperti ayam bakar, tetapi cita rasa dari rempah-rempah yang khas membuat ayam ini menjadi menu spesial untuk banyak kalangan.

source: https://www.pinterest.com/pin/356488126739426746/

Nah, itulah lima makanan khas India yang digemari banyak masyarakat mancanegara. Kira-kira kamu paling suka yang mana, ya?