1. Wolvis atau Wollpeach

Bahan hijab syar'i yang pertama adalah kain wolvis atau wollpeach atau biasa juga disebut kain Arab. Kain ini terbuat dari serat alam atupun serat sintetis, bahkan campuran dari keduanya. Wolvis merupakan salah satu bahan hijab premium karena harganya lumayan mahal karena memiliki karakteristik istimewa, yaitu seratnya halus dan rapat, tebal namun ringan, tidak panas, nyaman, tidak mudah kusut, tidak transparan dan tidak licin. Meskipun kain wolvis mudah disetrika, tapi kamu harus hati-hati jangan terlalu panas ketika menyeterika. Selain untuk hijab syar'i biasanya juga dipakai bahan hijab lain atau untuk gamis syar'i.

source: https://www.tokopedia.com


 

2. Sifon

Bahan hijab syar'i berikutnya yang banyak dijumpai adalah sifon. Bahan sifon ini nyaman digunakan karena ringan dan tipis, memberi kesan elegan sehingga cocok untuk acara semi formal maupun formal. Akan tetapi, karena bahannya dari campuran sutera, serat sintetis dan serat kapas, membuat hijab dari siffon agak panas, licin dan tidak menyerap keringat. Untuk mengurangi rasa panas di kepala, kamu bisa menggunakan inner atau ciput dengan bahan kaos sebelum memakai hijab dari bahan sifon ini. Selain itu, karena tipis biasanya produsen membuat hijab dengan dua lapis atau double layer untuk mencegah kesan menerawang.

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

3. Viscon

Bahan hijab satu ini mirip sifon fine tetapi lebih tebal. Jadi, secara keseluruhan mirip wolvis, namun teksturnya seperti sifon fine yang lembut dan tidak licin. Bahan seperti ini memang cocok dan banyak digunakan untuk hijab syar'i maupun hijab segi empat.

source: https://id.pinterest.com


 

4. Ceruti

Bahan hijab ceruti memang menjadi salah satu favorit muslimah saat ini. Ceruti memiliki tekstur elastis, karena mengandung bahan sutra yang lembut sehingga memberikan kesan mewah dan elegan. Permukaannya menyerupai kulit jeruk namun halus dan jika diterawang di depan cahaya terlihat serat membentuk gelombang seperti awan atau kabut. Ceruti ini jika dipakai terasa jatuh, sehingga tidak melayang, namun karena menerawang bahan ini membutuhkan furing atau inner.

source: http://hijabyuk.com


 

baca juga

5. Jersey

Jersey merupakan bahan yang umum digunakan untuk membuat hijab instan syar'i. Jersey ini merupakan kain cotton strech, halus, lebih tebal dari spandek rayon, tidak berbulu, hangat, fleksibel dan elastis. Hijab berbahan jersey memiliki tekstur lembut, ringan dan memberi kesan jatuh saat dipakai sehingga membuat wajah yang menggunakannya terlihat lebih berisi. Hijab berbahan jersey biasanya tidak mudah kusut sehingga tidak perlu disetrika.

source: https://gamisjilbabsyari.com


 

6. Kaos

Bahan hijab kaos ini bahan dasarnya adalah katun atau serat kapas alam. Karakter bahan ini jatuh, adem, elastis, nyaman dipakai dan mudah menyerap keringat. Hal yang perlu diperhatikan adalah perawatannya, sebaiknya hindari mengucek secara berlebihan dan tidak terlalu sering dicuci agar tidak mudah melar.

source: https://www.tokopedia.com


 

7. Spandek

Spandek ini adalah salah satu bahan hijab yang terbuat dari serat sintetis dan teksturnya sendiri halus, lentur serta lembut. Terkadang spandek ada unsur sutranya, sehingga harganya relatif mahal. Hijab syar'i dengan bahan spandek yang bagus memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik, sehingga nyaman digunakan saat cuaca panas. Karena elastis, bahan ini juga mudah melar jika dicuci dengan cara yang tidak benar.

source: http://www.bintang.com


 

8. Twiscone

Bahan hijab twiscone sedikit mirip dengan siffon, namun lebih tebal, berat dan lebih halus sehingga tidak menerawang seperti siffon. bahan hijab syar'i dari twiscone juga lebih jatuh. Meskipun  tidak menyerap keringat dengan baik, bahan ini tidak meninggalkan bau seperti sifon.

source: http://ichantix-nurjanah.blogspot.co.id


 

9. Jet Black

Sesuai dengan namanya, bahan hijab satu ini adalah kain yang warnanya hitam dengan kualitas tinggi dan tergolong mahal. Teksturnya halus, lembut, nyaman saat dipakai serta mudah diaplikasikan ke berbagai model busana. Sebenarnya bahan jet black ini agak mirip twiscone, namun lebih tebal twiscone.
 

source: https://www.tokopedia.com