Monuman Nasional

Monumen Nasional (Monas) yang berdiri tegak di dekat Stasiun kereta Gambir ini menjadi simbol kebanggaan kota Jakarta. Monas yang dibangun pada tahun 1959 dan memiliki tinggi 132 meter ini, dapat menjadi wisata edukasi. Di sini terdapat museum yang berisi 12 diorama, yang menceritakan tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia mulai dari jaman kerajaan hingga peristiwa keji di tahun 1965.

Di sini juga disimpan bendera pusaka dan naskah Proklamasi. Kamu dapat naik hingga lantai atas menikmati indahnya Kota Jakarta, hanya dengan biaya Rp15.000. Monas dibuka mulai pukul 09.00 sampai 16.00. Selain itu ada banyak area taman yang dapat kamu nikmati di sepanjang Monas, sambil melepas lelah berkeliling.

source: http://detak.co


 

baca juga

Kota Tua

Pada jaman dahulu, Jakarta lebih dikenal dengan sebutan Betawi. Nama Betawi identik dengan sejarah dan bangunan-bangunan kuno. Ada beberapa lokasi gedung-gedung tua yang masih dapat dinikmati sebagai peninggalan yang bersejarah. Salah satunya di Kota Tua. Kota Tua yang terletak di daerah Tamansari, Jakarta Barat ini memang sengaja dirawat untuk dijadikan obyek wisata edukasi yang menarik.

Suasana dan dekorasi Kota Tua dapat kamu nikmati dengan mengayuh sepeda ontel, yaitu sepeda tua jaman dulu. Dengan sepedamu, kamu dapat mengunjungi beberapa lokasi yang berdekatan, misalnya Museum Fatahillah dan Museum Bank Indonesia. Bentuk bangunan yang unik memang terlihat dari model bangunan persegi panjang dengan banyak jendela dan pelatarannya yang luas.

Suasana di Kota Tua ini akan membawamu berfoto dengan latar belakang bangunan bersejarah. Di malam hari, kamu dapat menikmati aneka jajanan enak dengan harga terjangkau. Masuk ke area ini tanpa dipungut bayaran, jadi ini termasuk liburan murah meriah ya, ladies.

source: https://www.thetripcorner.com


 

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Timur Jakarta merupakan wisata edukasi yang unik karena mengenalkan seluruh adat dan budaya di Indonesia. Ada berbagai puluhan rumah adat berserta pakaian adat dan perlengkapan yang dipakai sehari-hari. Taman Mini merupakan tempat favorite untuk berkeliling dan mengenal budaya di seluruh Indonesia.

Selain belajar mengenai adat tiap daerah, kamu dapat berkeliling ke 16 museum yang ada, seperti Museum Keprajuritan, Museum Serangga, Museum Perangko dan beberapa museum yang lainnya. Selain itu kamu dapat bersepeda dan naik kereta gantung menikmati indahnya Taman Mini dari atas.

Jangan lupa bermain di berbagai wahana dan bermain air di Snowbay. Dengan tiket masuk seharga Rp10.000, kamu dapat menambah pengetahuan dengan wisata edukasi di Taman Mini Indonesia Indah.

source: http://www.netralnews.com


 

baca juga

Kebun Binatang Ragunan

Kalau kamu mau mengenal lebih jauh fauna di Indonesia, kamu dapat mengunjungi Kebun Binatang Ragunan yang terletak di Jakarta Selatan. Kebun binatang dengan luas 140 hektar ini merupakan kebun binatang terluas kedua setelah Kanada. Memiliki koleksi lebih dari 295 spesies dan 4040 spesimen ini, tiap tahun akan terus bertambah.

Kebun binatang yang sering dijadikan wisata edukasi bagi sekolah-sekolah di Jakarta ini juga mempunyai museum primata, dunia orang utan serta children zoo. Di children zoo, anak-anak akan dapat berinteraksi langsung dengan binatang yang jinak seperti rusa, burung kakak tua, kuda dan beberapa lainnya. Dengan tiket masuk sebesar Rp4.000 per orang, kamu dan keluarga akan puas berkeliling sambil belajar banyak hal tentang binatang.

source: http://www.hadinur.com


 

Planetarium

Kalau kamu mau belajar tentang bintang dan benda luar angkasa lainnya, kamu dapat pergi ke Planetarium Taman Ismail Marzuki yang terletak di Cikini, Jakarta Pusat. Gedung yang berbentuk seperti kubah setengah lingkaran ini dapat dijadikan seperti bioskop, dimana kamu dapat menonton benda-benda angkasa.

Hanya dengan tiket masuk Rp7.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak, kamu dapat belajar berbagai hal tentang bintang, rasi, planet dan seluruh pergerakannya di angkasa. Kalau selama ini kamu hanya melihat benda-benda angkasa dari kejauhan, di Planetarium kamu dapat menyaksikan dari dekat dengan menonton pergerakannya. Ini merupakan liburan yang murah ya, ladies.

source: http://ulinulin.com