Zaitun


Buah zaitun dan produk-produk olahannya telah menjadi bagian dari sejarah Yunani. Hidangan-hidangan khas Yunani umumnya ditemani oleh buah zaitun lokal yang diasinkan dengan garam laut atau dikonsumsi dalam keadaan segar. Minyak zaitun yang sehat sering digunakan untuk memasak, campuran salad, serta sentuhan terakhir dalam berbagai panganan.
 

source: http://www.healthline.com



Moussaka


Terbuat dari lapisan kentang atau terong yang ditumis, daging cincang, puree tomat, bawang bombay, bawang putih serta beragam rempah, moussaka adalah hidangan panggang yang ikonik di Yunani. Tak lupa, taburan keju serta saus béchamel sebagai sentuhan akhir.
 

source: http://www.mygreekdish.com
baca juga



Seafood


Meskipun bukan sebuah hidangan tersendiri, ikan segar sebagai bahan utama memainkan peran penting dalam keseluruhan hidangan. Rasakan suasana dan gaya hidup penduduk lokal Yunani dengan mengunjungi taverna pinggir pantai. Hidangan ikan dan cumi segar dari Laut Mediterrania dan Aegean memiliki citarasa tersendiri yang sulit untuk dilupakan. Umumnya, kedua bahan ini akan dimasak secara minimalis – dipanggang utuh dengan saus ladholemono (minyak zaitun dan lemon). Beberapa jenis ikan seperti barbounia dan maridha umumnya digoreng sebentar.
 

source: http://davidsbeenhere.com



Portokalopita


Portokalopita adalah makanan khas Yunani yang terbuat dari lapisan pastry sheet yang diberi adonan Greek yoghurt dan orange zest. Teksturnya lembut dengan banyak lapisan. Sebelum dimakan, siram dengan sirup khusus yang juga beraroma jeruk. Konon, hidangan ini berasal dari Pulau Crete.
 

source: http://www.kitchenstories.eu
baca juga



Baklava


Meskipun baklava adalah makanan khas di beberapa negara, ternyata Yunani pun memiliki resep baklava tersendiri. Resep tradisional baklava di Yunani berisi Greek walnut, kacang pistachio dan sirup beraroma lemon yang segar. Dipanggang hingga garing, lapisan-lapisan phyllo memberi tekstur renyah pada makanan khas yang satu ini.
 

source: http://www.mygreekdish.com