Cuka apel merupakan cairan asam yang memiliki sifat anti bakteri. Sejak ribuan tahun yang lalu cuka apel sudah populer digunakan sebagai ramuan kesehatan kulit, bahkan manjur untuk menghilangkan jerawat. Tapi tahu enggak sih ladies, meskipun makin menjamurnya berbagai tempat perawatan wajah, “ramuan” cuka apel ini masih banyak digunakan lho, terutama ampuh untuk mengobati jerawat atau kulit kusam. Bahkan beauty blogger dunia sudah banyak lho yang mencoba dan mereka sangat merekomendasikan cuka apel sebagai obat yang manjur untuk mengobati jerawat.
 
Buat kamu yang sudah hampir putus asa karena jerawat nggak kunjung hilang, yuk simak beberapa manfaat cuka apel untuk jerawat yang wajib kamu ketahui, dan kamu jadi punya cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dalam 1 hari, lho!


1. Mematikan Racun dan Kotoran
Jerawat yang membandel disebabkan oleh racun dan kotoran yang mengendap di jaringan bawah kulit sehingga membuat jerawat tak kunjung hilang. Salah satu metode yang ampuh adalah dengan mengkonsumsi cuka apel sebanyak satu gelas perhari. Caranya mudah kok ladies, campurkan dua sendok cuka apel dengan satu gelas air  putih kemudian konsumsi secara rutin setiap hari hingga jerawatmu menghilang.

source: http://www.cosmopolitan.co.id


2. Menghilangkan Bekas Jerawat
Kamu pasti setuju kalau bekas jerawat itu paling menjengkelkan dan butuh waktu lama untuk menghilangkannya. Tapi jangan khawatir ladies, dengan cuka apel dijamin bekas jerawat kamu hilang tak bersisa. Caranya cukup oleskan cuka apel dengan menggunakan kapas pada bekas jerawatmu sebelum tidur.
 

source: https://berryduchess.com
baca juga


3. Mengurangi Iritasi Kulit
Jangan takut kalau kulit kamu akan iritasi setelah menggunakan cuka apel lho ladies. Karena, justru kandungan cuka apel sendiri berkhasiat menetralisir iritasi dan antiradang. Cuka apel bias kamu gunakan saat mandi dengan cara mencampurkan dua gelas cuka apel pada bak mandi atau bathub.
 

source: http://diamamedical.com


4. Menyembuhkan Luka Pada Jerawat
Sering menyentuh wajah yang berjerawat atau memencetnya akan menimbulkan luka sehingga jerawat  akan mudah menyebar dan iritasi. Jangan panik ladies, cuka apel merupakan antiseptik dan penyembuh luka yang baik. Oleskan segera cuka apel yang sudah dicampur dengan air putih ke wajah yang berjerawat. Lakukan secara rutin hingga jerawat mulai mengempis dan hilang ya!
 

source: http://www.goodlifetree.com
baca juga

5. Mengeringkan jerawat
Karena sifatnya yang antiseptik dan penyembuh luka, perlahan cuka apel akan membuat jerawat kamu yang meradang akan menjadi kering. Hal yang paling penting adalah jangan terlalu sering tanganmu menyentuh wajah yang sedang berjerawat ya ladies! Karena hal tersebut bias membuat bakteri jerawat menyebar dan bekas jerawat akan sulit hilang lho.
 
source: http://www.drmovassaghi.com


Gunakan cuka apel secara teratur yah ladies untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayuran. Faktor stress juga sangat berpengaruh lho terhadap pertumbuhan jerawat di wajahmu. Keep on healthy gorgeous!