Nasi Liwet

Makanan ala kaki lima memang mempunyai rasa yang asli dibanding makanan mahal ala hotel. Di Solo banyak dijajakan makanan pinggiran, namun dengan rasa yang lezat, termasuk nasi liwet khas Solo. Nasi liwet yang hanya dijual mulai Rp8.000 per porsi merupakan nasi dengan berbagai lauk pauk yang berlimpah.

Nasi liwet dapat digolongkan sebagai makanan yang bergizi karena mengandung aneka protein, serat dan karbohidrat. Nasi yang beralas pincuk daun pisang ini berisi tumis labu siam, suwiran ayam, 1/2 telur pindang, tahu bacem dan sambal goreng. Jika kamu suka, kamu dapat menambahkan sambal yang rasanya pas banget untuk seporsi nasi liwet hangat ini. Biasanya pedagang akan membuat sendok dari daun pisang. Makan sambil lesehan di bawah dan menikmati larutnya malam adalah cara menikmati makanan yang berbeda.

source: http://www.resepcaramasakan.com



 

Timlo Solo

Timlo Solo merupakan makanan berkuah yang mirip dengan sup, namun dengan isi yang berbeda. Semangkuk timlo solo terdiri dari bihun, suwiran ayam, gulungan telur berisi daging yang dipotong pendek-pendek, telur pindang, irisan wortel dan kembang tahu. Timlo solo komplit biasanya akan ditambah dengan berbagai variasi seperti ati ampla, jeroan ayam dan beberapa lauk lainnya.

Dengan kuahnya yang bening, kamu dapat memesan nasi terpisah atau bercampur dengan semangkuk timlo solo. Taburan bawang goreng dan sambal kecapnya akan membuat semangkuk timlo solo hangat ini makin maknyus. Terlebih disantap saat hujan di malam hari. Yang terkenal enak dan ramai pengunjung adalah Timlo Solo Sastro yang berlokasi di Pasar Gede, Solo.

source: http://kesolo.com



 

baca juga

Serabi Notosuman

Kamu suka serabi? Serabi Notosuman adalah serabi yang terkenal di Solo. Serabinya berbeda dengan serabi lain, karena dipanggang dengan garing, namun tengahnya padat dan lumer di mulut. Makanan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa, menjadikan serabi makanan yang gurih dan cruncy. Serabi dengan toping coklat, pisang dan nangka ini dibungkus dengan daun pisang sehingga menghasilkan aroma yang harum.

Walaupun mempunyai beberapa cabang, namun serabi yang terletak di Jalan M Yamin 28, Serengan inilah yang paling ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan dari luar negri. Serabi Notosuman sudah dikelola sejak tahun 1920 dengan mempertahankan rasa yang sama sampai generasi sekarang.

source: http://kuepraktis.yaho-mart.com



 

Soto Seger

Semangkuk soto berkuah bening dengan asap yang masih mengepul dan beraroma harum, tentu menjadi makanan super lezat yang harus kamu santap jika ke Solo. Soto Gading yang terletak di Pasar Kliwon ini merupakan soto langganan orang nomor 1 di Indonesia. Semangkuk Soto Gading dengan kuah beningnya berisi nasi, irisan daging, soun, keripik kentang dan daun seledri ini enak dinikmati selagi hangat.

Di Soto Gading, tersedia lauk lain sebagai teman makan nasi soto. Gorengan tempe, tahu, sate ati ampla, sate telur puyuh, perkedel dan beberapa lauk yang lainnya. Semangkuk soto seger akan lebih nikmat jika ditambahkan dengan kecap dan sambal cair. Rasanya, jangan ditanya. Yang pasti akan bikin kamu gagal diet.

source: http://life.108jakarta.com



 

baca juga

Wedangan

Jika kamu berkuliner di Solo, jangan pernah melewatkan Wedangan. Makan yang tersaji dengan puluhan menu di depanmu, akan membuatmu kelaparan dan ingin menyerbu semua menu yang ada. Dengan harga mulai dari Rp500 per lauknya, wedangan menjadi makanan khas Solo incaran wisatawan maupun pelancong yang ingin mencoba rasa tradisional khas Solo. Sate kikil, kerang, telur puyuh, ati ampla, tahu bacem, aneka gorengan, sate sosis, sate baso dan puluhan menu lainnya akan membuatmu lapar mata dan perut.

Kamu dapat mengambil lauk sendiri sesuai selera dan menikmati sampai kenyang. Dengan harga yang sangat murah, dijamin kamu akan puas makan di sini. Menikmati makanan sambil lesehan atau duduk di kursi adalah cara makan yang berbeda. Jangan lupa minuman khas wedangan adalah jahe kencur jeruk, teh cangkir blirik sampai jahe gula Jawa. Di Solo terdapat banyak pedagang yang menjual wedangan, tinggal kamu pilih sesuai dengan selera dan lokasi terdekat.

source: http://hartonotradecenter.com



 

Sate Kere

Bagi kamu penggemar sate, kamu harus mencoba sate kere dan sate buntel. Sate kere, sate dengan nama yang unik ini menjelaskan sate yang dihargai dengan harga yang sangat terjangkau. Sate yang terbuat dari potongan tempe gambus ini dibentuk dan ditusuk dengan tusuk sate sebelum dibakar. Diberi campuran bumbu bacem yang gurih dan manis, akan menghasilkan sate yang rasanya yummy.

Lain sate kere, lain pula sate buntel. Buntel dalam bahasa Jawa berarti dibungkus atau dilapisi. Sate buntel adalah sate dengan daging cincang yang dilapisi dengan lemak dan ditusuk pada tusuk sate. Ditaburi dengan aneka bumbu rempah-rempah yang manis, gurih dan pedas ini menghasilkan sate dengan aroma yang wangi dan lezat tentunya. Makanan khas Solo ini dapat kamu sambangi di warung Sate Kere Yu Rebi, yang terletak di belakang Stadion Sriwedari dan di Galabo.

source: https://www.merdeka.com