Mudah Berubah

Di awal pacaran, mungkin pria bisa bersikap manis dan romantis. Tapi lihat ke depannya, seandainya pasangan tiba-tiba berperilaku kasar secara verbal, hal ini patut diwaspadai. Bisa jadi pasangan memiliki kecenderungan sikap abusive.
source: http://misandry-mermaid.tumblr.com/post/91106588155/ladyatheist-trigger-warning-abuse-domestic
Kamu boleh berpikir positif, mungkin dia emang butuh perhatian aku namun kamu bisa juga membaca polanya. Tiap kali kamu bikin rencana yang enggak menyertakan dia, apakah pacar kamu selalu bertingkah? Jika emang ada pola seperti itu, kemungkinan besar pacar kamu sedang memanipulasi kamu.
source: http://www.hipwee.com/hubungan/kenali-tanda-tanda-pacar-yang-manipulatif-dan-bagaimana-cara-mengatasinya/
Kadang pasangannya bisa sangat manis, perhatian, murah hati, memperlihatkan sikap yang tidak ingin ditinggal karena sangat membutuhkan kehadiran istri/suami (pihak korban), mereka berjanji untuk bersikap baik dan tidak lagi marah-marah, membelikan barang kesukaan pasangan yang mahal-mahal. Namun di lain waktu kebiasaan buruk itu akan kembali berulang. Bahkan bisa semakin menjadi jika ia mulai mencium adanya ancaman atau kemungkinan pasangannya akan meninggalkan dia atau melakukan tindakan yang menentangnya.
source: http://www.e-psikologi.com/artikel/individual/abusive-relationships
Perilaku merusak barang milik Anda atau temperamen yang mudah berubah-ubah dapat menjadi prediktor tindak kekerasan dalam berpacaran.
source: http://www.personalgrowth.co.id/en/journal-viewarticle.php?id=94
Perilaku yang berubah-ubah disebabkan oleh efek minuman alkohol atau narkoba.
Emosi seorang pecandu narkoba sangat labil dan bisa berubah kapan saja. Satu saat tampaknya ia baik-baik saja, tetapi di bawah pengaruh narkoba semenit kemudian ia bisa berubah menjadi orang yang seperti kesetanan, mengamuk, melempar barang-barang, dan bahkan memukuli siapapun yang ada di dekatnya. Hal ini sangat umum terjadi di keluarga seorang alkoholik atau pengguna Shabu-shabu.
source: http://dedihumas.bnn.go.id/read/section/artikel/2012/03/30/350/dampak-buruk-narkoba
Penyalahgunaan obat atau minuman itu sangat mungkin jadi pintu gerbang pelecehan emosional dan hubungan yang enggak sehat karena emosi pencandu yang terus ada di bawah pengaruh alkohol.
source: http://www.fimela.com/lifestyle-relationship/ejekan-bisa-jadi-pelecehan-emosional-1203260-page4.html

Selalu Menjadi Korban

Demi bisa mendapatkan kembali image baiknya, pria ini juga selalu mengucapkan bahwa dia adalah korban. Misalnya mengucapkan, "Aku sudah capek-capek kemari, tapi kamu sibuk terus."
source: http://associationforaresponsiblefuture.org/choreography/
Menyalahkan hanya bentuk dari pertahanan terhadap rentannya emosi. Daripada malu sendiri dan tidak berdaya, pelaku malah mentransfernya ke orang lain sehingga ia bisa marah.
source: http://health.liputan6.com/read/459530/9-cara-mengenali-punya-pacar-kasar
Dalam fase ini pelaku juga kemungkinan akan menyalahkan korban atas tindakan yang telah terjadi. Pelaku biasanya akan menyangkal telah terjadi kekerasan, atau pun mengiyakan namun tidak sebesar seperti yang dianggap oleh korban.
source: http://dokterbagus.com/2012/11/18/tanpa-disadari-banyak-orang-telah-menjadi-pelaku-kekerasan-dalam-rumah-tangga/
Kalau kalian lagi marahan, kamu selalu dituduh jadi biang keladinya.
source: http://www.hipwee.com/hubungan/cara-agar-kamu-bisa-lepas-dari-abusive-relationship/

Mengisolasi Kehidupan

Jika pasangan Minasan selalu memaksa untuk selalu bersama sehingga Minasan tidak memiliki waktu bersama teman atau keluarga, waspadai jika itu adalah salah satu gejala perilaku abusive.
Tanda-tandanya: membuat kita kehilangan kehidupan sosial karena semua yang kita lakukan terpusat kepadanya, menjauhkan kita dari teman-teman, lebih sering main dengan teman-teman dia, enggak mengijinkan kita pergi tanpa dia, bahkan ada yang membatasi hubungan kita dengan keluarga.
source: http://www.kawankumagz.com/read/5-tanda-abusive-relationship
Ciri-ciri: Dia selalu melarang Anda pergi dengan teman-teman Anda, bahkan dengan sahabat terdekat Anda. Dia selalu curiga bahkan saat Anda sedang meeting untuk urusan kantor. Selain pekerjaan, hidup Anda hanya didedikasikan untuk pasangan. Lama-lama teman-teman mulai menjauhi Anda. Akhirnya, Anda pun mulai merasa sendirian, terasing, dan terisolasi dari pergaulan.
source: http://www.cleo.co.id/sex.men/men/bad.relationship.drama/001/006/132
Biasanya hal ini disebabkan dari keinginan pasangan yang menginginkan perhatian Anda hanya tertuju padanya, menganggap dia yang harus diutamakan dan juga pria yang terlalu posesif biasanya ingin Anda mengandalkan dia untuk semuanya.
source: http://www.indotopinfo.com/tanda-pasangan-terlalu-posesif.htm
Terkadang dia juga akan menjelek-jelekkan sahabat Anda, orang tua Anda serta mendesak Anda untuk berpihak kepadanya. Jika itu memang terjadi, hal itu adalah pertanda bahwa pasangan Anda sedang mengisolasi Anda dari lingkungan terdekat agar ia bisa mendominasi kehidupan Anda dengan leluasa.
source: http://wanitaindonesia.net/5-tanda-hubungan-yang-rawan-kekerasan/

Posesif

Meskipun kita hanya berteman biasa dengan teman pria, jika pasangan mengetahuinya pasti selalu marah-marah. Terlalu posesif menandakan pasangan akan lebih abusive lagi dalam menjalin hubungan.
Abusive relationships adalah bentuk hubungan yang sering diwarnai kecemburuan, tidak ada kehangatan emosional, kurangnya kualitas hubungan yang erat, pelecehan seksual, ketidaksetiaan, penyiksaan secara verbal, ancaman, dusta, pengingkaran janji, serta permainan kekuasaan (dari berbagai sumber).
source: http://www.e-psikologi.com/artikel/individual/abusive-relationships
Awalnya mungkin lover hanya menganggap kalau si dia cuma cemburu karena terlalu sayang kepada lover, tapi justru ini merupakan sikap awal si dia untuk membatasi pergaulan lover.
source: http://www.pusatcinta.com/in-a-relationship/tanda-pria-yang-berpotensi-melakukan-kekerasan-dalam-hubungan/
Ciri-ciri: Memiliki kadar kecemburuan yang sangat besar. Setiap hari ia selalu menanyakan agenda Anda. Setiap jam ia menelepon dan menanyakan Anda ada dimana. Ia harus tahu semua account dan password email, facebook, dan twitter Anda. Ia akan memeriksa inbox sms Anda dan menginterogasi saat ada panggilan di ponsel Anda.
source: http://www.cleo.co.id/sex.men/men/bad.relationship.drama/001/006/132
Kita semua memiliki teman laki-laki dan perempuan tetapi pacar yang posesif akan melihat teman laki-laki Anda sebagai pesaing dan merasa cemburu pada mereka. Ia bisa saja memastikan bahwa Anda tidak menghabiskan waktu dengan teman laki-laki Anda ketika hang out bersama teman perempuan Anda.
source: http://www.indotopinfo.com/tanda-pasangan-terlalu-posesif.htm

Mengancam

Ketika dia berada dalam posisi terdesak seperti Minasan ingin menjauh, dia akan mengancam dengan berbagai macam cara. Bahkan ancaman itu dilakukan dengan cara menyakiti diri sendiri.
Meski kekerasan fisik tidak bisa ditolerir, pelecehan emosional sering memberikan luka dalam jangka panjang. Dan ketika pasangan mengancam menyakiti dirinya sendiri karena sesuatu yang Anda lakukan, itu dapat membuat Anda merasa bersalah.
source: http://health.liputan6.com/read/459530/9-cara-mengenali-punya-pacar-kasar
Misalnya, saat bertengkar, ia tak segan untuk memukul Anda atau justru menyakiti diri sendiri dengan menyilet tangannya. Ia juga sering mengancam dengan kalimat-kalimat seperti, aku akan bunuh diri kalau kita putus. Meskipun ini cuma ancaman, ini adalah masalah yang serius yang akan mengganggu hubungan Anda berdua.
source: http://www.cleo.co.id/sex.men/man.relationship/5.tanda.pacar.anda.psikopat/001/006/212
Tujuan utama seseorang yang abusive adalah untuk mengontrol dan menguasai Anda. Mengancam dan melukai hati dan fisik Anda agar berada di bawah kontrolnya.
source: http://www.koran-jakarta.com/?18016-pentingnya-masa-pacaran-untuk-menghindari-perkawinan-abusive
Pada dasarnya manusia punya hati, yang bisa merasakan bahwa apa yang dialaminya harus dihentikan. Tapi suara hati ini tenggelam oleh rayuan bernuansa mengancam yang dilontarkan pasangan. Misalnya : nanti kalau kamu meninggalkan saya, tak akan ada lagi yang membuat hari-hari saya bersinar. Kepergianmu akan membunuh saya. Atau kalau kamu pergi, anak kita akan kehilangan masa depannya.
source:

Kritikan Berlebih

Mengkritik mungkin baik membuat perbaikan bagi diri kita, namun jika mengkritik terlalu berlebih seperti merendahkan Minasan, itu bukan lagi kritikan namun penghinaan.
Idealnya pacar adalah orang terdekat yang siap mengkritik tindakan negatif supaya kita nggak mengulanginya lagi. Belakangan, si dia ternyata juga getol mengomentari pilihan musik, penampilan, hingga mencela teman-teman akrab kita. Padahal kita merasa nggak ada yang salah, kok.
source: http://www.citacinta.com/ceria/kita.si.dia/hindari.emotional.abuse/001/003/339
Penghinaan, sikap memungkiri dan kritik: Anda merasa seperti selalu direndahkan, dinilai, atau diberi tahu bahwa Anda terlalu sensitif.
source: http://id.wikihow.com/Mencegah-Penyiksaan-Emosional
Jenis kekerasan ini dimulai dengan saran yang kelihatannya polos tentang bagaimana untuk mempercantik penampilan anda. Seiring dengan waktu, saran ini berubah menjadi tuntutan dan ejekan.
source: http://www.jawaban.com/news/spiritual/detail.php?id_news=071015164715&off=0
Itulah beberapa tanda-tanda bahwa hubungan yang diajalani Minasan tidak sehat. Sayangnya, jarang sekali pihak korban atau pelaku menyadari bahwa tindakan itu mengakibatkan kurangnya rasa menghargai diri sendiri bagi keduanya, terutama korban. Oleh sebab itu, jangan ragu atau takut untuk bercerita pada orang-orang terdekat yang bisa dipercaya.