Kista adalah kondisi dimana ada pertumbuhan yang tidak normal di dinding ovarium. Pada sebagian wanita, penyakit kista dapat menghambat terjadinya pembuahan sehingga diperlukan tindakan operasi untuk menghilangkannya. Namun, sebagian wanita lainnya kista hilang dengan sendiri seiring dengan terjadinya menstruasi setiap bulannya.
 
Namun, kamu tak perlu khawatir karena beberapa ahli menyarankan agar wanita yang menderita kista mengobatinya dengan cara tradisional seperti menggunakan tanaman dan hewan laut. Untuk lebih jelasnya, yuk simak cara tradisional untuk menyembuhkan penyakit kista.


1. Teh Benalu
Kandungan flavonoid, chalcones, flavanones, c-glycoflavonols, serta flavan3-ols pada teh benalu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, anti alergi dan juga anti kanker. Para ahli menyatakan bahwa beberapa kandungan pada teh benalu itu diyakini ampuh untuk mengobati penyakit kista. Cara mengonsumsinya pun terbilang mudah, kamu hanya perlu merebus 60 gram teh benalu dengan 30 gram rumput mutiara dengan 800 cc air dan kemudian saring menjadi 200 cc, konsumsi secara teratur.
 
source: http://4.bp.blogspot.com
baca juga


2. Rumput Mutiara
Kamu mungkin masih asing mendengar nama rumput mutiara. Rumput mutiara adalah tanaman perdu yang tumbuh liar namun memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk mengobati penyakit kista. Kamu bisa merebus campuran 30 gram rumput mutiara beserta 5 gram daging buahnya, lalu minum secara rutin sebanyak dua kali setiap harinya.
 

source: http://www.alyamanalaraby.com


3. Kunyit Putih
Kunyit putih atau curcuma mangga berkhasiat sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mencegah pertumbuhan penyakit kista. Rebuslah 10 gram kunyit kering yang dicampur dengan temu putih, tapak liman kering serta tambahkan 30 gram cakar ayam segar dengan menggunakan satu liter air dan konsumsilah tiga kali sehari.
 

source: http://www.alodokter.com/
baca juga


4. Cuka Apel
Beberapa peneliti mengatakan bahwa kandungan pada cuka apel dipercaya mampu mengecilkan kista. Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air hangat dan minum sebanyak satu atau dua gelas setiap hari. Tak hanya itu, cuka sari apel juga dapat membantu meredakan rasa nyeri saat menstruasi.
 

source: http://manfaatsehat.id


5. Teh Chamomile
Sifat menenangkan yang terkandung pada teh chamomile diyakini dapat mengurangi rasa nyeri serta mampu menyembuhkan kista secara alami. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok teh chamomile kering ke dalam segelar air panas, tutup selama lima menit dan tambahkan satu sendok teh madu. Minum dua cangkir setiap hari.
 

source: http://img.aws.livestrongcdn.com