Enggak Hanya Ibu, Tapi Ayah Juga Harus Tahu Cara Mengganti Popok Bayi

source: http://www.mommyish.com/diaper-changing-hacks/
Ilmu perawatan bayi di rumah yang perlu kamu pelajari bersama suami adalah mengganti popok. Ada dua jenis popok, yaitu popok sekali pakai dan cloth diaper. Yang manapun kamu pilih, selalu utamakan kebersihannya. Cucilah selalu tangan sebelum dan setelah mengganti popok. Gantilah popok bayi 2-3 jam sekali apabila sudah penuh atau sehabis buang air.

Gunakan kapas dan air bersih tiap kali membersihkan area yang tertutup popok. Lalu gunakan krim anti-ruam untuk menjaganya dari ruam popok. Semakin sedikit bayi mengenakan popok kotor dan basah, maka semakin kecil risikonya mengalami ruam popok yang disebabkan amonia dalam urine yang membuat kulit iritasi.

Membersihkan area kelamin bayi perempuan dan laki-laki:
Untuk bayi laki-laki jangan pernah menarik kulup ke bawah, dan untuk bayi perempuan, cukup basuh daerah labia dan vagina. Selalu basuh ke arah anus, dan jangan dari arah sebaliknya, karena dapat menyebabkan bakteri berpindah ke penis atau vagina bayi. Ingat pula untuk membersihkan bagian dalam tiap lipatan kulit dan pastikan kulit benar-benar kering sebelum memakaikan popok bersih.

 

Membasuh Bayi (Topping Anda Tailing)

source: http://www.quicktipsfornewdads.com/blog/how-to-wash-your-newborn-baby-in-week-1-topping-and-tailing/

Bayi yang baru lahir belum banyak bergerak, sehingga tidak cepat kotor. So, kamu enggak perlu memandikannya setiap hari. Cukup menyeka wajah, tubuh dan bokongnya. Selain itu bagian tangan atau di bawah lengan. Ini disebut topping and tailing.

Cara melakukan topping and tailing
Kamu membutuhkan semangkuk air putih yang telah didinginkan sesuai dengan suhu tubuh, kapas dan handuk lembut. Cucilah tanganmu sebelum mulai. Lalu mulai mengusap mata bayi. Celupkan sepotong kapas ke dalam air, lalu peras airnya dan dengan lembut seka salah satu mata bayi. Ulangi dengan kapas baru untuk mata lain untuk menghindari infeksi berpindah dari mata satu ke mata lainnya. Kemudian bersihkan sisa wajah dan leher bayi dengan kapas baru. Angkat dagunya untuk membersihkan lipatan kulit di bawahnya. Tepuk-tepuk kulit sampai kering dengan handuk. Bersihkan tangan dan bagian bawah lengan bayi dengan kapas baru dan bersihkan juga area popoknya.

 

<baca juga>

Mencuci Rambut Bayi

source: https://www.eumom.ie/kids/child-health/how-often-should-i-wash-my-baby-s-hair

Biapun kamu membasuh bayi setiap hari, tapi tidak perlu mencuci rambutnya lebih dari satu kali dalam seminggu. Untuk mencuci rambut bayi, bungkus bayi dengan handuk dan peluk ia sepanjang lengan, sehingga tanganmu bisa menopang kepalanya. Tahan di atas bak mandi, dan cucilah rambutnya dengan lembut. Sampo tidak diperlukan sampai bayi sedikit lebih besar dan memiliki rambut lebih banyak. Setelah selesai, tepuk kepala sampai kering dengan handuk.

 

Merawat Mulut dan Kuku Bayi

source: http://www.newkidscenter.com/How-To-Clean-A-Baby%27S-Tongue.html

 
<baca juga>
source: http://www.lexingtonfamily.com/2013/06/cutting-your-babys-nails-with-care/

Bayi tidak akan tumbuh gigi sampai ia berusia 6 bulan, sehingga ia akan ompong selama enam bulan pertama. Tapi, semenjak bayi minum ASI, perhatikanlah kebersihan mulutnya tiap selesai disusui. Gunakan kain bersih dan lembut untuk mengeluarkan sisa-sisa ASI di bagian lidah dan gusi. Begitu gigi pertama muncul, kamu harus mulai merawat giginya. Bersihkan gigi dengan sepotong kapas yang dibasahi atau sikat gigi bayi.
Selain itu, perhatikan kebersihan kuku bayi. Jagalah agar kuku jari tangan dan jari kaki tetap pendek dengan menggunakan gunting kuku.


 

Penggunaan Pakaian dan Perlengkapan Tidur

source: http://www.mirror.co.uk/lifestyle/family/how-help-newborn-baby-sleep-6692617

Bayi tidak bisa mengatur suhu dengan baik selama beberapa minggu pertama, jadi sangat penting menjaganya agar tidak kepanasan atau kedinginan. Pada tahap ini bayi harus memakai satu lapis pakaian lebih, kecuali bila cuaca sangat hangat. Kaus berkancing depan, terusan dari bahan lentur atau kardigan cocok dipakai di dalam ruangan. Tapi tetap sesuaikan pakaian dengan suhu ruangan yah! Secara bertahap bayi akan lebih mampu mengendalikan suhu tubuh, jadi ia tidak perlu lagi memakai satu lapis pakaian lebih banyak. Di luar ruangan, dalam cuaca dingin, pastikan kepala, tangan dan kaki bayi ditutupi dengan baik. Pakaian dari katun adalah yang paling baik karena hangat, menyerap keringat dan bisa dilewati udara.
Suhu kamar tempat tidur bayi harus 18-20 derajat C. Gunakan box atau crib sebagai tempat tidur, dan pastikan kasurnya tidak terlalu keras maupun terlalu lembut. Hindari menaruh selimut ataupun mainan dalam box bayi agar tidak menyebabkan masalah ketika bayi tidur.

 

Memandikan Bayi

source: http://www.momjunction.com/articles/how-often-do-you-start-giving-your-baby-a-bath-at-night_00121494/

Sangat penting bagi ayah untuk berani memandikan bayi. Memandikan bayi adalah sesuatu menyenangkan dan bisa meringankan tugas istri. Bayi juga suka digendong oleh tangan kokoh milik ayahnya. Pegang bayi dengan aman di bawah ketiak hingga belakang punggungnya, sehingga memungkinkan bahu, leher dan kepalanya bersandar di sepanjang lengan bawahmu. Lalu, tangan lainnya mulai membasuh tubuh bayi. Buatlah waktu mandi menjadi momen menyenangkan. Bicaralah dan tersenyum kepada bayi agar ia tenang saat dimandikan.