1. Bilas Tubuh Terlebih Dahulu

Tips baju renang pertama yang harus kamu perhatikan dalam hal merawat baju renang adalah sebelum memakai baju renang. Sebelum bereang basahi atau bilas tubuh kamu terlebih dahulu untuk memastikan tubuh kamu sudah bebas minyak dan makeup. Minyak dan makeup yang menempel pada baju renang lambat laun akan merusak baju renang. Selain itu, membasahi tubuh terlebih dahulu mencegah agar baju renang tidak menyerap klorin terlalu banyak.

source: https://sportourism.id


 

2. Cuci Setelah Dipakai

Jika kamu sudah selesai berenang, jangan simpan baju renang basah terlalu lama. Selain aromanya yang tidak sedap, semakin lama baju renang terkena keringat, tabir surya dan air laut akan mengakibatkan baju renang cepat rusak. Sebaiknya cepat cuci baju renang setelah kamu memakainya.

source: http://www.naibann.com


 

baca juga

3. Cuci dengan Tangan dan Shampo Bayi

Langkah selanjutnya dalam tips baju renang adalah cara yang tepat untuk mencuci baju renang, yaitu dengan menggunakan tangan dan hindari detergen. Kamu bisa mengganti detergen dengan shampo bayi yang formulanya lembut dan tidak merusak tekstur baju renang kamu. Jika kamu memang tidak bisa mencuci dengan tangan, gunakan mesh laundry bag, masukkan baju renang ke dalamnya dan gunakan mode pencucian paling lembut. Mencuci atau membilas baju renang memang wajib hukumnya agar noda tabir surya, debu, keringat dan sisa klorin tidak menempel dan merusak baju renang.

source: http://purebaby.co.id


 

4. Keringkan dengan Handuk

Setelah dicuci lantas bagaimana mengeringkan baju renang yang benar? Ingat ya, Beautynesian, jangan memeras dengan memuntirnya. Kamu bisa mengeluarkan air dengan menggunakan handuk. Caranya cukup dengan menggulung baju renang menggunakan handuk kemudian tekan-tekan. Hal ini juga bermanfaat untuk mempercepat proses pengeringan baju renang.

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

5. Jangan Digantung

Setelah melalui proses pemerasan menggunakan handuk, selanjutnya untuk mengeringkan baju renang jangan melakukan dengan cara menggantungnya. Letakkan saja baju renang di tempat yang datar agar bentuk baju renang tidak akan berubah dan warnanya tidak memudar. Saat menimpan di lemari juga cukup dilipat saja, jangan digantung dengan gantungan baju ya!

source: http://www.xtremeswim.com


 

6. Jauhkan dari Matahari

Nah, tips baju renang ini berlaku saat kamu mengeringkannya. Jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari, karena dapat melunturkan warnanya dan memecah serat halus dalam baju renang sehingga menyebabkan kerusakan jangka panjang. Cukup angin-anginkan dan keringkan di tempat teduh ya, Beautynesian.
 

source: https://www.aliexpress.com


 

7. Jangan Disetrika

Tips baju renang yang ini juga penting. Jangan pernah menyetrika baju renang! Bahan baju renang tentunya berbeda dengan baju biasa. Kebanyakan bahan baju renang adalah nylon yang mudah lengket saat terkena panas. Setelah baju renang kering, cukup lipat dan masukkan saja ke lemari.

source: http://www.flaticon.com


 

8. Perlunya Rotasi Baju Renang

Jika kamu sering berenang, hendaknya memiliki baju renang lebih dari satu ya! Hal ini untuk memungkinkan terjadinya rotasi baju renang. Mengapa harus demikian? Pemakaian baju renang yang sama setiap hari membuat baju renang kamu tidak awet. Rotasi baju renang bermanfaat agar baju renang mempunyai waktu untuk kembali ke bentuk semula.

source: https://www.shutterstock.com