1. Sering Dipakai
Percaya atau tidak, jika kamu sering memakai perhiasan perak justru akan menjaganya agar tetap berkilau? Ternyata, saat dipakai, minyak yang diproduksi oleh kulit justru akan menempel dan melapisi perhiasan perak, melindunginya dari oksidasi maupun zat lain. 
 
source: https://keirasimmons.tumblr.com


2. Hindari Kontak dengan Bahan Kimia
Kontak dengan bahan-bahan kimia pembersih, keringat, karet, air klorin, bahan-bahan perawatan kulit dan tubuh, serta bahan-bahan yang mengandung sulfur seperti mayones, telur, bawang bombay, atau sabun tertentu, wajib dihindari. Jadi, jangan lupa menyimpan perhiasan perak terlebih dahulu sebelum memasak atau berenang, ya!

source: https://id.pinterest.com
baca juga


3. Simpan dengan Ziplock Kecil
Karena oksidasi dapat membuat perak jadi kusam, sebaiknya kamu menyimpan tiap-tiap perhiasan dalam kantong ziplock kecil. Lebih efektif lagi kalau kamu menggunakan anti-tarnish ziplock bag. Ini akan mencegah kontak dengan udara, serta mencegah perhiasan saling menggores. Jangan lupa letakkan activated charcoal atau silica gel dalam tempat penyimpanan untuk meminimalisir oksidasi.

source: https://www.amazon.com


4. Poles dengan Kain Lembut
Kalau dijaga dengan baik, kamu dapat mengatasi perhiasan perak yang kusam hanya dengan memolesnya. Pilih kain khusus memoles atau kain lembut, lalu gosok perlahan mengikuti serat-serat perak. Lakukan ini secara rutin, maka perhiasan perakmu akan tampil prima dalam waktu yang lebih lama.

source: http://www.atlproms.com
baca juga


5. Gunakan Aluminum Foil
Kalau perhiasanmu murni terbuat dari perak tanpa batu permata, "resep" ini boleh kamu coba. Didihkan satu liter air, satu sendok makan baking soda, serta selembar aluminum foil. Rendam perhiasan perak dalam larutan itu selama 10 detik atau lebih, kemudian angkat menggunakan penjepit atau sumpit. Perhiasan perak nampak berkilau seperti baru.

Untuk noda membandel, buat adonan dengan 30 gram baking soda dan 2 sendok makan air. Oleskan dengan spons basah, lalu bilas dan keringkan.
 

source: https://www.mom4real.com


6. Percayakan Pada Ahlinya
Kalau ada batu-batuan dalam perhiasan perakmu, sebaiknya kamu membawanya ke pengerajin perak atau toko perhiasan perak untuk dibersihkan secara profesional. Di sana, mereka memiliki peralatan dan obat-obatan khusus untuk membersihkan perak atau silver tanpa merusak detilnya. Kalau kita ngotot ingin melakukannya sendiri, bisa jadi perhiasan perak akan rusak atau tergores, lho.

source: http://www.beopopust.rs