Mencuci dengan Air Panas


Sering mendengar tips celana jeans yang berbunyi "cold wash only"? Mencuci pakaian dengan air panas diyakini efektif meluruhkan noda yang menempel pada pakaian serta membunuh kuman. Apalagi, celana jeans cenderung memiliki bahan denim yang tebal dan berat sehingga susah dibersihkan.

Padahal, temperatur tinggi akan membuat kain denim jadi lebih lembut dan mudah melar. Di saat yang sama, temperatur tinggi akan melunturkan pewarna indigo pada celana jeans. Lama-lama, celana jeans akan lebih rapuh dan mudah rusak. Lain kali, mencuci dengan air dingin dan detergen saja sudah cukup untuk membersihkan celana jeans, kok.
 

source: https://www.fisherpaykel.com



Mengeringkan dengan Mesin Pengering


Kalau kamu sering mencuci pakaian di laundry, jangan kaget kalau celana jeans-mu melar. Di laundry, pakaian basah dikeringkan dengan dryer atau mesin pengering dengan temperatur tinggi. Di saat yang sama, pakaian akan diputar-putar dan terikat satu sama lain, sehingga celana jeans tanpa sengaja tertarik dan melar. Usahakan selalu mengeringkan celana jeans dengan cara menjemur, ya!
 

source: https://tide.com
baca juga



Bahan Kurang Berkualitas


Tentunya celana jeans yang terbuat dari bahan denim berkualitas tinggi jauh lebih 'bandel', termasuk dalam menghindari melar. Para ahli sudah melindunginya semaksimal mungkin dari kemungkinan melar akibat pemakaian sehari-hari. Sebaliknya, bahan denim berkualitas rendah akan lebih cepat rusak dan melar saat terkena temperatur ekstrim. Tips celana jeans yang satu ini perlu kamu ingat-ingat saat hendak membeli sepasang celana jeans baru.
 

source: https://www.bustle.com



Mencuci


Celana jeans yang kamu pakai berlibur atau main di taman tentu perlu dicuci. Namun bagaimana dengan jeans yang kamu pakai hangout ke mall atau makan di restoran? Celana jeans nggak mudah kotor, apalagi kalau hanya dipakai ke tempat-tempat tertentu yang relatif bersih. Jadi, celana jeans nggak perlu dicuci setiap habis pakai. 

Bayangkan saja, mencuci dua hari sekali dan mencuci seminggu sekali. Artinya, celana jeansmu dicuci 182 kali dalam setahun, dibanding dengan 52 kali setahun. Ingat, mencuci pakaian apapun, termasuk denim, perlahan-lahan akan melemahkan serat kain dan membuatnya semakin rapuh.
 

source: https://gearjunkie.com