Kunci Zat Pewarna

Sebelum dicuci, proses mengunci zat pewarna pada bahan jeans akan mengurangi luntur sekaligus mempertahankan warna agar tak cepat pudar. Tips celana jeans yang perlu kamu lakukan adalah membuat larutan air, 240ml cuka putih, dan satu sendok makan garam di dalam bath tub. Setelah tercampur rata, benamkan celana jeans dan pastikan semua bagian terendam air. Kandungan asam asetat dalam cuka akan mengunci zat pewarna. Kalau tak ada bath tub, coba campurkan 40ml cuka putih dan sejumput garam dalam 50 liter air.

Source: http://www.fashionlady.in



Semprot Untuk Membersihkan 

Di saat kepepet, kamu dapat menyegarkan celana jeans berwarna gelap dengan membuat campuran air dingin dan vodka dengan perbandingan 1:1. Semprot celana jeans berwarna gelap dengan campuran ini, keringkan, lalu simpan dalam freezer semalaman. Ini akan membantu membunuh bakteri penyebab bau tak sedap.
 

Source: http://mediastorage-lls.bauermedia.co.uk
 



Cuci Dengan Lembut

Baik mencuci dengan mesin atau tangan, pastikan celana jeans tak banyak terkena gesekan dengan cara membaliknya sebelum dicuci. Alternatif lain, balik celana jeans dan gunakan kantong cuci khusus atau sarung bantal untuk mencegah gesekan. Ingat, semakin banyak gesekan maka pewarna indigo akan makin cepat pudar.
 

Source: http://www.fashionlady.in
 



Hindari Air Panas

Mencuci celana jeans hitam dengan air panas hampir pasti akan melunturkan warna jeans. Selalu gunakan air dingin saat mencuci.
 

Source: http://www.onegoodthingbyjillee.com

 




Deterjen Khusus

Kalau ingin perawatan ekstra, kamu dapat mencuci celana jeans hitam dengan deterjen khusus pakaian berwarna gelap, seperti Perlon Dark & Fine Washing Detergent. Deterjen ini akan membantu mencegah pudarnya warna pada pakaian berwarna gelap.

Source: http://cdn.shoppers-bay.com



Jemur

Saat akan menjemur celana jeans hitam, kamu hanya boleh menjemurnya di bawah sinar matahari dalam keadaan terbalik. Pengeringan ini akan mencegah rusaknya serat-serat kain, sehingga warna celana jeans lebih terjaga.
 

Source: http://www.joesdaily.com