Wajah dalam Keadaan Bersih

Biasanya wajah bejerawat mempunyai jenis kulit yang berminyak. Bagi pemilik wajah berminyak, tentu membutuhkan perawatan ekstra sebelum memulaskan make up di wajah. Wajah yang berjerawat seringkali ditimbulkan akibat memcuci wajah yang tidak bersih. Kotoran yang menempel akibat bekas make up ataupun debu, akan menimbulkan masalah pada wajah, termasuk jerawat. Cara mencuci wajah yang benar agar bersih:

  • Pastikan tangan dalam keadaan bersih
  • Gunakan air hangat dan bilas dengan air digin, agar pori-pori tetap tertutup
  • Gunakan sabun muka yang sesuai
source: http://skin.co.id


 

Pulaskan Alas Bedak

Setelah mencuci muka dengan bersih, kenakan alas bedak atau sering disebut foundation. Foundation adalah hal wajib yang harus dipakai, agar make up menempel dengan sempurna. Pilihlah produk yang bertuliskan free oil atau bebas minyak. Untuk tampil natural, sebaiknya kamu memilih warna foundation yang mirip dengan warna kulitmu agar hasilnya nampak natural di wajah. Sebaiknya pulaskan foundation dengan spon ya. Kalau kamu memulaskan dengan tangan, foundation tidak menempel dengan rata di wajahmu. Ini adalah salah satu cara make up natural.

source: http://skin.co.id


 

baca juga

Kenakan Concealer untuk Menyamarkan Jerawat

Concealer adalah salah satu produk kecantikan yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah, termasuk menutupi jerawat. Hal ini akan membuat kulit wajah lebih rata dan mulus, termasuk pada kulit berjerawat. Khusus untuk kulit berjerawat, kamu dapat menggunakan concealer yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid. Kandungan ini dipercaya dapat mengurangi jerawat dan menyamarkan dengan baik. Gunakan concealer yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk jenis kulit kering, pilihlah concealer jenis cair. Sedangkan untuk jenis kulit berminyak, gunakan concealer berbahan dasar mineral.

source: https://elitedaily.com


 

Pilih Bedak yang Natural

Langkah selanjutnya, kamu dapat memoleskan bedak dengan warna yang natural, agar make up terlihat lebih segar. Pilihlah bedak tabur, karena bedak jenis ini dapat menyerap minyak dengan baik. Gunakan jenis bedak yang mengandung formula matte translucent, agar dapat menahan dengan baik produksi minyak untuk semua jenis kulit. Sapukan bedak dengan spon atau kuas ya, agar bedak dapat merata dengan baik. Pulaskan juga bagian leher, agar warna wajah sama dengan warna bagian leher.

source: http://skin.co.id


 

baca juga

Penggunaan Warna Blush On yang Tepat

Agar tampak lebih segar, tambahkan blush on dengan warna yang mirip dengan kulitmu ya. Sebaiknya jangan memilih blush on berbentuk krim, karena jenis ini akan cepat luntur jika terkena wajah yang berminyak. Gunakan blush on yang berjenis tabur atau padat saja. Pulaskan tipis-tipis mulai dari bawah ke atas dan jangan menggunakan tangan. Agar pemakaian blush on lebih merata, gunakan kuas atau spon. Untuk kulit terang, gunakan warna pink muda, peach dan coklat muda. Sedangkan untuk kulit gelap, gunakan warna brown.

source: http://www.hln.be


 

Kurangi Minyak dengan Kertas Minyak

Kertas minyak adalah suatu alat yang ampuh untuk mengurangi produksi minyak pada wajah berjerawat. Seringkali make up tidak tahan lama akibat luntur terkena minyak pada wajah. Oleh sebab itu, sediakan selalu kertas minyak di tas, agar dapat dipakai sewaktu-waktu. Jika kamu merasa wajahmu mempunyai minyak berlebih, tekan-tekan kertas minyak pada bagian yang berminyak. Hindari mengusap kertas minyak ya karena akan membuat make up tidak rata. Kertas minyak yang ampuh ini dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau.

source: http://www.alodokter.com


 

Tips untuk Mencegah Berjerawat

  • Mengkonsumsi air putih yang cukup
  • Menghindari makanan berlemak dan gorengan
  • Hindari stres dan sediakan "me time"
  • Istirahat yang cukup dan olahraga dengan rutin
  • Selalu berpikir positif
source: http://www.suararakyatindonesia.org