1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara terbaik untuk mencegah kanker adalah mengikuti diet seimbang, bebas dari karsinogen. Sistem kekebalan tubuh yang rendah akan membuat kamu berisiko terinfeksi HPV. Pastikan bahwa kamu mengkonsumsi makanan sehat dan tetap mengikuti rencana diet seimbang. Ini akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Jika kamu memiliki kondisi medis yang dapat menyebabkan kekebalan tubuh rendah, pastikan untuk memberi tahu dokter kamu mengenai hal yang sama.

source: http://motivation.is


 

baca juga

2. Lakukan Vaksin HPV

Penyebab paling umum dari kanker serviks adalah Human Papillomavirus (HPV). Saat ini, sudah ada program vaksinasi yang tersedia sekaligus fokus pada pemberian vaksinasi HPV untuk wanita, mulai dari masa remaja.

source: http://lifestyle.okezone.com


 

3. Pengukuran Kanker Serviks

Uji pap smear dilakukan dengan mengambil beberapa sel dari serviks. Ini akan diperiksa keberadaan sel kanker. Tes pap smear dapat memberi kamu indikasi kanker serviks yang paling akurat. Dapatkan tes pap smear yang dilakukan setidaknya satu kali dalam setahun.

source: https://www.lyke.co.id


 

baca juga

4. Hindari Merokok dan Alkohol

Menghindari merokok adalah cara sempurna untuk mencegah kanker, terutama kanker paru-paru. Bila kekuatannya sendiri membantu beberapa orang berhenti merokok, ada banyak terapi pengganti nikotin yang tersedia untuk perokok kronis.

Selain itu, ada bukti kuat bahwa alkohol meningkatkan risiko kanker mulut, kerongkongan, payudara, hati, dan usus. Kehidupan bebas alkohol akan menjadi keputusan sehat dan bijaksana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kanker.

source: http://www.selipan.com


 

5. Perhatikan Riwayat Keluarga

Kanker selalu cenderung diturunkan oleh keluarga. Jika kamu memiliki predisposisi genetik untuk kanker, kamu harus lebih berhati-hati untuk mencegahnya. Direkomendasikan mengunjungi dokter untuk mendapatkan saran dan arahan penting.

source: http://www.artikelsiana.com


 

6. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur untuk menjaga tubuh dan pikiran kamu tetap segar. Ini akan membantu mencegah penambahan berat badan berlebih dan ketidakseimbangan hormon terkait. Olahraga akan membantu meningkatkan imunitas kamu, membuat sistem pencernaan tetap aktif dan menjaga keseimbangan hormon.

source: http://serbasehatplus.blogspot.co.id