Umumnya, seseorang yang hamil kembar biasanya karena memang berasal dari keluarga yang memiliki keturunan kembar. Sayangnya tak semua wanita mengetahui bahwa ia sedang hamil bayi kembar, padahal kehamilan kembar memiliki tanda yang berbeda lho. Daripada bingung, yuk simak cara mudah mengetahui kehamilan kembar berikut ini:

1. Morning Sickness yang Parah
Morning sickness atau mual muntah diawal kehamilan adalah hal yang wajar dan sangat normal. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil. Nah, bagi kamu yang mengandung bayi kembar biasanya kadar hormon HCG akan meningkat dibandingkan dengan kehamilan biasa dan membuat ibu akan mengalami mual muntah yang parah. Jika hal tersebut sangat menggangu, segera konsultasikan ke dokter.
source: http://www.parents.com/


 

2. Tingkat Kepekaan Lebih Kuat
Biasanya wanita memiliki kepekaan yang lebih kuat saat ia sedang mengandung bayi kembar. Terlebih lagi bagi mereka yang memang memiliki keturunan kembar. Umumnya mereka menebak, bahwa ia sedang hamil bayi kembar.
source: http://www.womenshealthmag.com/


 

baca juga
3. Rahim Sudah Membesar di Trimester Pertama
Umumnya ibu hamil baru akan mengalami perubahan pada tubuhnya saat sudah memasuki trimester kedua. Namun, wanita yang sedang mengandung hamil kembar umumnya perutnya akan terlihat sudah membesar pada trimester pertama. Jika biasanya kehamilan biasa, ukuran rahim bisa mencapai 38x40 cm, untuk kehamilan kembar ukuran rahim bisa mencapai 48 cm.
source: http://www.bloggraodegente.com.br/


 

4. Berat Badan Meningkat Drastis
Ibu hamil memang mengalami kenaikan berat badan karena sedang mengandung bayi di dalam rahimnya. Namun, bagi kamu yang sedang mengandung bayi kembar umumnya akan mengalami kenaikan berat badan yang sangat drastis karena nafsu makan yang kian meningkat saat kehamilan.
source: https://womensmentalhealth.org/


 

baca juga
5. Cepat Lelah
Hampir semua ibu hamil akan merasa cepat lelah, salah satu penyebabnya karena morning sickness serta perubahan mood. Bagi ibu yang hamil kembar akan merasakan lebih cepat lelah dibandingkan kehamilan yang biasa. Nah, disinilah peran suami sangat diperlukan yaitu dengan memberikan dorongan kepada sang istri.
source: http://www.halobidan.com/