Selangkangan hitam dan gatal memang sangat membuat tidak nyaman, terlebih lagi untuk kamu yang bekerja. Kamu tidak mungkin menggaruk di tempat umum saat tiba-tiba selangkanganmu terasa gatal. Apalagi jika disertai dengan bau tak sedap yang benar-benar sangat mengganggu.
 
Seperti diketahui bahwa area kulit di selangkangan sangat lembab dan tertutup sehingga membuat bakteri atau jamur dapat dengan mudah berkembang biak jika tidak benar-benar kamu jaga kebersihan dengan benar. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah kulit di area selangkanganmu, seperti selangkangan gatal dan hitam.
 
Nah, untuk itu sebaiknya kamu mengetahui penyebab selangkangan gatal dan hitam sebagai pencegahan agar kamu terhindar dari masalah kulit tersebut.


1. Infeksi Bakteri atau Jamur
Infeksi bakteri atau jamur menjadi salah satu penyebab paling umum yang dialami oleh kebanyakan wanita. Kurang bersihnya kamu menjaga vagina seperti tidak mengganti pakaian dalam saat basah akan menyebabkan timbulnya bakteri. Jika didiamkan, maka bakteri atau jamur akan berkembang biak yang menyebabkan selangkangan menjadi hitam dan gatal.

source: https://cedeid.blogspot.co.id/2016/06/8-coisas-que-toda-mulher-precisa-saber.html


 

2. Menggunakan Celana yang Terlalu Ketat
Perlu diketahui bahwa menggunakan celana yang terlalu ketat akan membatasi sirkulasi udara di area yang seharusnya banyak mendapatkan asupan udara. Kondisi tersebut dapat membuat sel kulit cepat mati sehingga terjadi perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dan timbul rasa gatal pada selingkungan karena diserang bakteri atau jamur saat vaginamu tidak bisa “bernapas”. Selain itu, penggunaan celana yang terlalu ketat juga dapat membuat selangkangan menjadi hitam dan kasar karena terjadinya gesekan antar kulit dengan bahan celana.
source: http://un10enbelleza.com/category/productos


 

baca juga
3. Kegemukan
Apa hubungannya kegemukan dengan selangkangan hitam? Ya, seseorang yang kegemukan dengan paha yang besar akan lebih sering mengalami gesekan kulit paha dibandingkan dengan orang yang bertubuh kurus. Gesekan kulit paha yang terjadi secara intens dapat mengakibatkan selangkangan menjadi hitam dan disertai dengan kelembaban selangkangan, maka juga akan membuat selangkanganmu gatal.
source: http://slodive.com/inspiration/fat-people-pictures/