1. Panna Cotta

Dessert khas satu ini memang sudah sangat populer dan mudah dijumpai di berbagai restoran dengan nuansa Italia. Makanan penutup yang terbuat dari adonan krim, gula, susu dan gelatin ini sangat nikmat dihidangkan dalam keadaan dingin. Makanan yang berasal dari wilayah Piedmont, Italia Utara ini diyakini bisa menjadi penetralisir dari serangkaian makanan-makanan yang disajikan sebelumnya, dengan topping buah seperti cherry dan buah coulis, Panna Cotta menjadi hidangan penutup yang paling digemari di hampir seluruh bagian Italia.

source: http://www.taste.com.au


 

2. Tartufo

Tartufo adalah salah satu hidangan penutup khas Pizzo, Calabria, Italia yang terbuat dari ice cream. Biasanya, Tartufo ini tersusun dari 2 atau bahkan lebih dari rasa ice cream yang tersedia yang dibentuk menyerupai bola ice cream. Penyajian Tartufo ini seringkali di mixed dengan menggunakan syrup ataupun frozen fruits seperti raspberry, strawberry, ataupun cherry yang berada di dalamnya. Kamu harus mencoba keseruan rasa dari Tartufo ini nih Beautynesian!

source: http://www.marthastewart.com


 

baca juga

3. Spumoni

Eskrim yang disajikan degan layer rasa dan warna yang berbeda ini menjadi salah satu dessert andalan dari negara Italia yang juga dapat ditemukan di negara-negara lain yang memiliki jumlah imigran asal Italia terbesar.  Penyajian Spumoni ini biasanya di mixed dengan whipped cream, chocolate, vanilla, atau pistachio yang juga terdapat potongan-potongan fruits atau nut yang semakin menggoyang lidah.

source: http://www.seriouseats.com


 

4. Cassata

Sponge cake satu ini merupakan dessert khas Italia yang lahir di Palermo. Penyajiannya yang unik, yaitu disiram dengan liqueur ataupun jus buah membuat rasanya semakin pekat terasa di lidah. Cassata merupakan salah satu dessert yang dilapisi dengan ricotta cheese dan chocolate chips serta dilengkapi dengan topping manisan buah seperti cherry dan irisan buah jeruk khas Sisilia.

source: http://mondomulia.com


 

baca juga

5. Affogato

Dessert terakhir yang berasal dari Italia adalah Affogato. Salah satu dessert yang memiliki bahan dasar dari kopi ini disajikan dengan satu scoop eskrim vanila dalam wadah yang berbeda. Sesuai dengan arti dari Affogato yang dalam bahasa Italia berarti tenggelam, penyajian Affogato ini dilakukan dengan cara menuangkan secangkir espresso panas kedalam cangkir eskrim hingga eskrim tersebut tenggelam dalam espresso. Tidak hanya espresso, Affogato juga seringkali dipasangkan dengan variasi lain seperti menggunakan Amaretto, Bicerin, atau Liqueur.

source: http://www.manusmenu.com

Beautynesian, itu dia 5 dessert khas Italia yang wajib kamu cicipi. Tidak perlu jauh-jauh datang ke Italia, karena beberapa diantara hidangan penutup tersebut juga tersedia di restoran Italia yang buka di Indonesia lho!