Keputihan Normal (Fisiologis)

Keputihan merupakan sebuah gejala yang ditandai dengan keluarnya lendir dari vagina. Penyebab keputihan ada banyak sekali, mulai dari pemakaian celana dalam, makanan, hingga kelelahan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena keputihan juga normal untuk terjadi akibat dari proses fisiologis dalam tubuh. Keputihan yang normal ini biasanya terjadi setiap bulannya menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun saat masa subur.

Berikut ciri-ciri keputihan normal yang perlu kamu tahu:

  1. Tidak berbau. Jika kamu mendapati terdapat lendir yang keluar dari vaginamu, cobalah untuk memeriksa aromanya. Jika tidak bau, kamu tidak perlu khawatir karena keputihan yang kamu alami tidak berbahaya.
  2. Tidak lengket. Kamu juga perlu memeriksa tekstur dari lendir yang keluar. Jika tidak lengket, keputihan kamu adalah keputihan yang normal.
  3. Tidak Berwarna. Perhatikan warna dari cairan dan lendir yang keluar. Jika bening dan tidak berwarna, keputihan kamu tidak mengindikasi adanya masalah pada organ intim kamu.
  4. Tidak Berair. Rasa basah yang berlebihan disebabkan oleh keputihan yang tidak normal. Apabila kamu tidak merasakannya, berarti keputihan kamu tidak berbahaya.
  5. Tidak disertai daging menggumpal. Daging menggumpal mengindikasi adanya masalah pada tubuh kamu, khususnya organ reproduksimu. Jika tidak, keputihanmu masih dalam batas aman.
source: http://lifestyle.kompas.com


 

baca juga

Keputihan Abnormal (Patologis)

Nah, akan tetapi, bagi kamu yang merasa terdapat hal yang tidak wajar dengan keputihan yang kamu alami, cobalah untuk memeriksa apakah keputihanmu merupakan keputihan yang abnormal. Keputihan patologis biasanya disebabkan oleh infeksi sehingga akan timbul disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Faktor lain yang sering menyebabkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau bahkan parasit.

Agar lebih waspada, kamu wajib mengetahui ciri-ciri keputihan abnormal berikut ini:

  1. Beraroma amis atau busuk. Berbeda dengan keputihan normal yang tidak berbau, keputihan yang berbahaya biasanya ditandai dengan aroma amis atau bahkan busuk. Biasanya orang dengan keputihan tidak normal akan merasa tidak nyaman setiap kali keputihan keluar dari vaginanya karena aroma yang ditimbulkan sangat tidak enak.
  2. Bertekstur lengket. Jika tekstur cairan atau lendir yang keluar dari vagina kamu lengket atau bahkan menggumpal, waspadalah karena kemungkinan keputihanmu menandakan sesuatu yang tidak beres.
  3. Berwarna kuning hingga hijau. Kenali warna keputihanmu. Jika berwarna kuning terdapat indikasi penyakit pada organ intim kamu. Apalagi jika hijau, kamu harus segera menghubungi dokter terdekat.
  4. Menimbulkan rasa gatal. Jika kamu merasa organ intim kamu sering gatal, coba perhatikan keputihan yang sering keluar. Apabila banyak, maka kamu harus segera memeriksanya.
source: http://www.herbaterapi.com

Perbaiki Pola Hidup Agar Terhindar Dari Keputihan Abnormal

Untuk menghindari keputihan yang berbahaya, kamu perlu mengubah pola hidupmu menjadi lebih baik. Perhatikan kebersihan dan pola makanmu.

Kebersihan
Jagalah kebersihan organ intim dengan selalu menggunakan celana dalam yang menyerap keringat. Gantilah celana dalam secara rutin dan pastikan kamu mengenakannya tidak dalam keadaan lembap karena dapat menimbulkan tumbuhnya jamur. Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat karena dapat membuat area intim kamu mudah berkeringat dan lembap. Selain itu, biasakan untuk mengusap daerah kewanitaan dengan tisu setelah buang air kecil agar tidak lembap.

Pola Makan
Jagalah pola makanmu. Hindari mengonsumsi makanan yang berlemak dan perbanyak mengonsumsi buah, sayur, dan air putih.

Kesehatan
Pastikan kamu rajin berolahraga untuk mencegah munculnya penyakit, termasuk diantaranya keputihan. 

Nah, semoga kamu lebih waspada dan peduli dengan tubuhmu sendiri, ya! Kenali keputihanmu sejak dini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

source: https://www.bayouwitchincense.com/ouidas-potions/1528-ouidas-herbal-ecstasy.html