Bermain dengan warna rambut memang bisa mengubah penampilanmu secara drastis — mencerahkan warna kulitmu, menutupi uban yang mulai muncul, dan bahkan memberikan ilusi wajah yang lebih kecil dengan highlight. Tapi, tentunya mewarnai rambut di salon bisa menguras budget yang tidak sedikit. Bahkan beberapa salon profesional mematok harga hingga jutaan rupiah untuk treatment mewarnai rambut ini, lho. Karena itu, tidak jarang para wanita berkesperimen mewarnai rambut sendiri di rumah untuk memotong budget ke salon.
 
Walaupun bisa menghemat budget ke salon, tetapi mewarnai rambut sendiri di rumah juga sangat tricky lho. Kalau ternyata ada yang salah pada proses pewarnaan rambutmu, bisa saja hasil akhirnya menjadi failed, seperti warna cat yang tidak keluar, warna rambut yang tidak rata, atau cat rambut yang berantakan dan menempel di bagian dahi, leher, atau telinga. Kalau memang kamu benar-benar ingin mewarnai rambut di rumah, kamu bisa mengikuti step mewarna rambut yang mudah berikut ini agar ritual mewarnai rambutmu tidak fail.
 

#1 Pilih Warna Rambut yang Tepat


Kalau kamu ingin mewarnai rambutmu, kamu juga harus konservatif ketika memilih warna rambut ya, ladies. Jangan memilih warna rambut yang sangat kontras dengan warna rambut aslimu karena warnanya tidak akan cocok di kulitmu. Sebaiknya, pilih warna rambut yang dua sampai tiga tingkat lebih terang atau gelap dari warna asli rambutmu. Kamu bisa mencoba produk pewarna rambut seperti Garnier Color Naturals yang hadir dengan warna-warna rambut natural yang cocok untuk wanita Indonesia. Rangkaian warna rambutnya antara lain adalah Hitam Alami, Cokelat, Cokelat Gelap, Cokelat Terang, dan Merah Burgundy. Kelima warna rambut ini tentunya akan masuk dengan warna asli rambut eksotis wanita Indonesia yang mayoritas berwarna hitam.
 

source: http://beautynesia.id/8065


Kelebihan lainnya, Garnier Natural Colors juga diperkaya dengan 3 minyak alami yang dapat merawat rambutmu selama proses pewarnaan seperti olive oil, coconut oil, dan almond oil yang sudah lama dikenal dapat merawat keindahan rambut. Karena itu, kamu bisa mendapatkan warna rambut yang terlihat alami, tertutup sempurna, dan tahan lama.
 


#2 Lakukan Test Rambut Sebelum Pewarnaan
source: http://prettywomam.wc.lt/


Agar kamu tidak menyesal nantinya, pastikan kamu selalu melakukan test pewarnaan rambut sebelum mulai mewarnai seluruh bagian rambutmu. Caranya, warnai sedikit bagian rambutmu yang berada di atas kuping, sehingga kamu bisa melihat hasil warnanya jika disandingkan denganw arna kulitmu. Setelah itu, bilas cat rambutnya menggunakan handuk basah setelah didiamkan setelah setengah waktu yang disarankan pada box cara pemakaian (misalnya diamkan selama 15 menit jika waktu pemakaian yang disarankan 30 menit). Keringkan dengan handuk kering dan cek warnanya di atas haduk putih dan sandingkan di samping wajahmu. Kalau kamu sudah klik dengan warnanya, kamu bisa lanjut mewarnai seluruh rambutmu.
 


#3 Campurkan Cat Rambut dengan Merata
source: http://thehellbentbrand.blogspot.co.id/


Tuangkan pewarna rambut dan developer ke dalam mangkuk plastik dan campurkan secara merata menggunakan color brush agar warna yang dihasilkan akan keluar sempurna. Cat rambut yang tidak tercampur dengan merata bisa membuat hasil akhir warna rambut menjadi tidak rata atau uban rambut tidak tertutup sempurna.
 


#4 Oleskan Lip Balm atau Petroleum Jelly di Sekitar Garis Rambut
source: http://www.instructables.com/


Sebelum mulai mewarnai rambutmu sendiri di rumah, sebaiknya oleskan lip balm atau petroleum jelly di sekitar garis rambut bagian depan, telinga, dan leher belakang. Hal ini dimaksudkan agar cat rambut yang berantakan dapat dibersihkan dengan mudah nantinya. You know, our hands might not as pro as salon’s stylist. Jadi, selalu sedia lip balm ya sebelum kamu mewarnai rambut di rumah.
 


#5 Mulai Warnai Rambut dari Bagian Akar
source: http://www.goodhousekeeping.com/


Karena bagian akar rambut memerlukan lebih banyak cat rambut dan proses pengerjaan yang lebih lama, sebaiknya mulai warnai rambutmu dari bagian akar rambut. Caranya, aplikasikan cat rambut ke bagian akar rambut dan mulai sisir hingga bagian ujung rambut dengan color brush untuk meratakan cat rambut. Untuk lebih memudahkan pengaplikasian, kamu bisa pisahkan rambutmu menjadi 4-6 bagian dan jepit ke atas agar warna yang didistribusikan juga lebih merata.  
 


#6 Bilas Cat Rambut dan Gunakan Conditioner
source: http://edition.cnn.com/


Setelah mendiamkan rambut selama waktu yang ditentukan, bilas cat rambut menggunakan air bersih hingga tidak ada warna yang terlihat di aliran air. Pastikan kalau kamu sudah membilasnya dengan benar ya agar tidak ada cat rambut yang tertinggal di kulit kepala karena bisa menyebabkan iritasi dan ketombe. Setelah itu, aplikasikan conditioner pada bagian tengah hingga ujung rambut untuk merawat rambutmu setelah diwarnai. Voila! Kamu sudah mendapatkan warna rambut yang sempurna untukmu.