Kenalkan Hijab Pada Anak Sejak Dini

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengajarkan hijab pada anak adalah dengan membuat anak familiar dengan hijab itu sendiri sejak dini. Jika banyak orang tua memasangkan anting atau bandana bunga pada bayi perempuan mereka, cobalah untuk memulai dengan mengenakan hijab pada bayi perempuanmu. Untuk bayi, pastikan kamu tidak menggunakan bahan yang panas dan gerah. Pilihlah bahan yang sejuk agar ia nyaman mengenakannya.

source: https://www.afrakids.com/kategori/jilbab/


 

baca juga

Pilih Hijab Anak Yang Tepat

Memilih hijab anak memang tidak mudah, khususnya untuk anak usia di bawah lima tahun. Para balita cenderung mudah kegerahan jika kamu salah memilih bahan hijab. Oleh sebab itu, pilihlah bahan hijab yang menyerap keringat, misalnya katun. Jika terdapat karet, pastikan karet yang ada pada hijab anak tidak terlalu kencang sehingga nyaman untuk dikenakan.

source: https://www.pinterest.com/pin/515662226063292797/

Psst.... terdapat banyak toko online yang khusus menjual perlengkapan hijab untuk anak, lho. Tidak ada salahnya untuk melihat hijab anak yang sekiranya cocok untuk anak. Berikut beberapa contoh toko online yang menjual hijab untuk anak.


1. Afrakids

Afrakids menawarkan hijab anak yang nyaman untuk dipakai anak. Terdapat beragam ukuran untuk berbagai usia anak. Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat melihat langsung di website-nya.
 

https://www.afrakids.com/product/ja017/

source: https://www.afrakids.com/wp-content/uploads/2017/03/JA017-600x600.jpg

2. Delima

Delima adalah salah satu brand pakaian muslim anak yang populer dengan produk jilbab anak. Produk yang ditawarkan memiliki warna-warna cerah sehingga cenderung sangat disukai anak.
 

http://www.jualjilbab.com/jilbab-anak-delima-jab-03b

source: http://www.jualjilbab.com/wp-content/uploads/2012/04/Jilbab-anak-delima-JAB-03B.jpg

 

Perkenalkan Hijab Dan Perintah-Nya

Saat anak sudah dapat diajak untuk berdiskusi, kenalkan ia pada Allah dan perintah-Nya untuk menutup aurat bagi para perempuan muslim. Beritahukan bahwa perempuan diciptakan dengan begitu indah dan perlu untuk dijaga. Salah satunya adalah dengan menutup aurat. 

source: https://www.pinterest.com/pin/863072716059150603/

Selain itu, penting juga bagi orang tua untuk memberi contoh. Anak biasanya cenderung lebih cepat meniru dibandingkan mendengarkan. Ia akan lebih cepat termotivasi untuk mengenakan hijab jika melihat ibu atau kakak perempuannya sudah mengenakan hijab.

 

baca juga

Apresiasi Saat Anak Mengenakan Hijab

Saat anak mengenakan hijab, berikanlah apresiasi dan pujian betapa cantik dan shalihahnya ia. Katakan bahwa kamu sangat bangga memiliki anak yang taat. Selain itu, ajaklah ia untuk memilih sendiri hijab yang ia sukai. Biarkan mereka menemukan hijab yang pas sesuai dengan keinginan mereka. 

source: https://www.pinterest.com/pin/451767406352456853/


 

Berikan Pengertian Mengenai Kewajiban Berhijab Saat Baligh

Saat anak beranjak dewasa dan mencapai akil baligh, ajaklah ia untuk berbicara dan berdiskusi. Berikan arahan mengenai bagaimana esensi dari baligh serta kewajiban apa yang sudah jatuh atasnya, salah satunya adalah kewajiban menutup aurat. Berikan ia dukungan untuk meningkatkan motivasinya dalam berhijab. 

source: https://www.pinterest.com/pin/485333297326438132/

Itulah langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan saat akan mengajari anakmu untuk berhijab. Jangan pernah memaksa anak untuk berhijab. Sebaliknya, dukung dan berilah contoh. Hindari memberikan ancaman seperti hukuman atas perempuan yang tidak berhijab. Akan sangat baik jika kamu memberikan apresiasi dan menceritakan kebaikan apa yang akan didapatkan dengan menutup aurat.