Bika Ambon
Jajanan tradisional yang pertama yaitu bika Ambon. Eits jangan salah, kue yang sangat terkenal ini memang bukan berasal dari Maluku melainkan dari Medan. Ya, Bika Ambon menjadi salah satu buah tangan favorit masyarakat jika berkunjung ke Medan.

https://www.sipendik.com/wp-content/uploads/2016/01/cara-membuat-bika-ambon.jpg
source: https://www.sipendik.com/wp-content/uploads/2016/01/cara-membuat-bika-ambon.jpg



Kue Itak Gurgur
Kue ini terbuat dari campuran tepung beras putih dengan kelapa dan gula pasir. Pembuatannya pun cukup sederhana, setelah adonan tepung beras putih, kelapa, dan gula tercampur rata,  kue ini tinggal dibentuk dengan cara dikepal sebelum dikukus sebentar. Kue ini cocok lho untuk teman ngopi ataupun ngeteh. 
 

http://digiku.com/wp-content/uploads/itak-gurgur.png
source: http://digiku.com/wp-content/uploads/itak-gurgur.png



Kacang Sihobuk
Dipilih dari kacang yang berkualias, kacang sihobik merupakan salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang jika berkunjung ke Medan. Kacang yang dimasak menggunakan pasir ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih dengan tekstur kacang yang garing dan renyah. 

https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20150810/Batak8_mahasiswabatakcom.jpg
source: https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20150810/Batak8_mahasiswabatakcom.jpg


Ombusombus
Makanan yang berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dibungkus menggunakakan daun pisang. Dikenal dengan sebutan lapet, kue ombusombus rasanya menjadi salah satu jajanan tradisional Medan yang wajib untuk dicicipi jika bertandang ke Medan.  
 

http://1.bp.blogspot.com/-FjSkCBFMLNM/Vc1_PviV2gI/AAAAAAAABhg/L5_Ycz5r5Zo/s1600/KUE-OMBUS-OMBUS.jpg
source: http://1.bp.blogspot.com/-FjSkCBFMLNM/Vc1_PviV2gI/AAAAAAAABhg/L5_Ycz5r5Zo/s1600/KUE-OMBUS-OMBUS.jpg



Dali ni Horbo
Masih berasal dari daerah Tapanuli, kue Dali ni Horbo ini bisa Kamu temui di pasar sekitaran Tapanuli. Jajanan tradisional ini terbuat dari air susu kerbau yang diolah secara tradisional tanpa menggunakan bahan pengawet. Selain rasanya yang gurih, makanan yang dikenal dengan keju batak ini termasuk jajanan yang bergizi karena mengandung lemak, karbohidrat dan juga protein.

http://uc.blogdetik.com/104/1045571/files/2014/05/57b0ea7be6b79910efe6bf1ea5c35185_dali3.jpg