Cucilah Rambut Secara Teratur

Terkadang, bagi para hijabers, rambut yang tertutup membuatnya tidak perlu untuk sering-sering mencuci rambut. Padahal, rambut yang tertutup sering kali lembap dan lepek terkena keringat dari kulit kepala. Mencuci rambut secara teratur akan menjadi solusi yang baik untuk menjaga kesehatan rambutmu.
 

http://thefoolishobsession.com/trending-reverse-shampooing/

source: http://thefoolishobsession.com/wp-content/uploads/2014/04/trending-reverse-shampooing.jpg
Tiap orang memiliki perbedaan jadwal mencuci rambut tergantung dengan kondisi rambut dan kepadatan aktivitas yang dilakukan. Namun, pada umumnya orang mencuci rambut setiap dua hari sekali. Hindari mencuci rambut terlalu sering karena dapat membuat rambut kamu menjadi kering.

source: http://www.goodhousekeeping.co.uk/fashion-beauty/hair-advice/how-often-you-should-wash-your-hair


 

baca juga

Gunakan Conditioner dan Hair Mask

Dua produk ini sangat penting untuk melembutkan rambut. Rambut yang lembut memiliki peluang rontok yang lebih kecil dibandingkan dengan rambut yang kering. Kamu dapat menggunakan conditioner setiap habis keramas. Kemudian manjakan rambut kamu dengan hair mask setiap seminggu sekali. 

source: http://www.homeremediesorg.com/home-remedies/home-remedies-for-soft-hair-get-naturally/
Menggunakan produk dari brand yang sama dengan sampo akan sangat disarankan karena akan membuat perawatan rambut kamu lebih sempurna.

 

Hindari Penggunaan Hairdryer

Penggunaan hair dryer dapat membuat rambut semakin kering. Rambut yang kering akan mudah sekali patah dan rontok. Akan tetapi, jika kamu terburu-buru, kamu dapat menggunakan hair dryer dengan angin yang dingin.

source: http://www.huffingtonpost.com/2015/04/21/blowdrying-mistakes-tips_n_7097210.html

Jika kamu memiliki jadwal yang padat dan memaksa kamu untuk menggunakan hair dryer, cobalah untuk mengaplikasikan heat protection product untuk rambut kamu. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembapan kulit dan batang rambut agar tidak mudah kering.

 

baca juga

Hindari Pemakaian Hijab Saat Rambut Masih Basah

Rambut yang basah jika ditutupi hijab akan mudah lepek, lembap, dan bau. Rambut yang lepek akan sangat mudah untuk rontok. Oleh sebab itu, pastikan rambut kamu sudah kering saat akan memakai hijabmu.

source: http://www.brandedgirls.com/best-hair-care-tips-for-hijabi-girls/

Untuk mengakalinya, kamu dapat mencuci lebih awal sebelum kamu harus berangkat ke kampus atau kantor. Selain itu, kamu juga dapat mencuci rambut setelah pulang ke rumah.

 

Gunakan Hair and Skin Friendly Hijab Product

Menggunakan produk hijab yang dijual dipasaran tidak boleh sembarangan. Perhatikan tiap bahan pada hijab yang akan kamu beli. Pilihlah hijab yang menyerap keringat dengan baik. Selain itu, perhatikan juga serat kain pada hijab yang ramah dengan kulit dan batang rambut.

source: http://www.huffingtonpost.it/nicola-lofoco/giusto-fare-chiarezza-sulle-donne-musulmane-e-il-velo_a_22025096/

Jangan lupa untuk memilih ciput atau dalaman hijab yang nyaman dan menyerap keringat. Jika hijabmu memiliki bahan yang gerah, kamu dapat mengakalinya dengan ciput dengan bahan lembut dan menyerap keringat.

 

Hindari Mengikat Rambut Dengan Kencang

Untuk kamu yang memiliki rambut panjang, perhatikan ikatan rambutmu. Hindari mengikat rambut dengan kencang karena akan sangat berpengaruh pada kesehatan rambut hijabers. Tidak hanya melemahkan akar rambut sehingga rambut mudah rontok, ikatan rambut yang kencang juga akan menghambat peredaran darah pada kepala sehingga kamu akan mudah pusing.

source: https://shopping.line.me/-/shop/m/market/exhibition/29946


 

Konsultasikan Masalah Rambutmu Dengan Ahlinya

Jika rambutmu masih rontok, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Kamu dapat mengunjungi dokter kulit untuk menceritakan masalah rambutmu. Saat ini sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan konsultasi dan perawatan rambut. Lakukan treatment dan gunakan produk yang disarankan oleh dokter. Jika kamu melakukannya dengan disiplin, rambut rontokmu akan segera hilang.

source: https://www.dreamstime.com/stock-photo-front-view-arab-doctor-woman-showing-stethoscope-women-image74835386
Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk memaksimalkan kesehatan rambutmu walaupun kamu berhijab. Semoga bermanfaat, ya!