Mengenal Kojic Acid

Ditemukan di Jepang pada tahun 1989, kojic acid adalah bahan yang terkandung dalam jamur. Selain itu, kojic acid juga ditemukan dalam proses pembuatan sake dari beras yang difermentasi. Kojic acid menghambat kerja tyrosinase, sebuah enzim yang diperlukan untuk membuat melanin. Perlu kamu ketahui, melanin adalah pigmen yang memberi warna (gelap) pada kulit, rambut, dan mata manusia. Apabila produksi melanin terhambat, maka noda hitam atau warna kulit tidak merata akan memudar.

source: http://www.wisegeek.com



Amankah?

Asalkan dipakai sesuai dosisnya, kojic acid aman untuk digunakan. Perlu diingat bahwa warna kulit kita telah ditentukan secara genetik sejak lahir. Artinya, tubuh kita secara otomatis mengatur banyaknya melanin yang diproduksi, untuk memberikan warna kulit terang, sawo matang, gelap, dan seterusnya. Berusaha mengubah warna kulit yang asli hanya akan memberikan efek sementara, dengan risiko iritasi yang tinggi. Oleh karena itu, kojic acid sebaiknya digunakan untuk mencerahkan warna kulit yang menggelap, atau pigmentasi pada kulit.

source: http://www.instyle.com


 

baca juga


Cara Pakai 

Kini, banyak produk yang diformulasikan dengan kojic acid, mulai dari produk perawatan kulit sehari-hari, hingga serum dan pelembap. Asal kamu mengikuti aturan pakai yang dianjurkan, maka tak akan ada masalah. Karena kandungan kojic acid akan mencerahkan kulit, jangan pernah lupa menggunakan pelembab atau body lotion serta tabir surya untuk melindungi kulit.
source: https://makeupandbeauty.com