1. Empress Ki

Empress Ki ini dinobatkan sebagai Drama Seri Terbaik dalam ajang Seoul International Drama Awards ke-9. Sosok Empress Ki dalam drama Korea ini diperankan oleh Ha Ji Won yang dipasangkan dengan aktor Joo Jin Mo dan Ji Chang Wook. Empress Ki yang kala itu meraih rating puncak nasional mencapai 28,3% mengisahkan tentang seorang wanita yang lahir di zaman Goryeo bernama Ki Seung Nyang yang mendapatkan kekuasaan besar meskipun pada saat itu ada sistem kelas yang membatasi gerak wanita.

Pada akhirnya dia menikah dengan Kaisar Huizong yang diperankan oleh Ji Chang Wook dan menjadi permaisuri dari Dinasti Yuan. Drama Korea ini menggambarkan kisah cinta menyedihkan Ki Seung Nyang sekaligus ambisi politiknya yang terbelah antara kedua negara, Goryeo dan Yuan.

source: http://www.abovepreciousrubies.com


 

baca juga

2. Gu Family Book (KangChi, The Beginning)

Gu Family Book atau Kang Chi, The Beginning ini adalah drama Korea kerajaan yang wajib kamu tonton juga. Drama Korea ini menceritakan tentang tentang Choi Kang chi yang diperankan oleh Lee Seung gi yang merupakan sosok gumiho (siluman). Demi keinginannya menjadi manusia seutuhnya, ia mencari sebuah buku yang dipercaya menyimpan rahasia untuk mewujudkan keinginannya itu.

Dalam perjalananannya yang berliku, ia dibantu oleh Dam Yeo Wool yang diperankan oleh Bae Suzy. Meskipun drama Korea besutan sutradara Shin Woo Chul dan Kim Jung Hyun ini tayang 4 tahun yang lalu, tapi sampai sekarang masih menarik untuk ditonton karena drama ini memiliki kisah yang dapat mengaduk-aduk perasaan kamu.

source: http://blueblueseasons.blogspot.co.id


 

3. Iljimae

Drama Korea selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi adalah Iljimae. Drama yang tayang tahun 2008 ini berkisah tentang seseorang bernama Iljimae yang diperankan oleh Lee Joon Ki yang merampok pejabat pemerintah korup kemudian memberikan hasil rampokannya pada rakyat miskin.

Jadi bisa dikatakan drama Korea ini mengisahkan Robin Hood versi Korea. Selain Lee Joon Ki, drama Korea berlatar kerajaan ini juga dibintangi oleh Han Hyo Joo, Lee Young Ah dan Park Shi Hoo. Mskipun demikian, sosok Iljimae sendiri ternyata juga memiliki masa lalu kelam yang menyedihkan yang bakal membuat kamu ikut merasakan kesedihan yang mendalam.

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

4. The Princess Man

Kalau ingin mencucurkan air mata, maka tonton saja drama satu ini. Drama Korea bertajuk The Princess Man ini populer dan sangat fenomenal pada tahun 2011. Bahkan banyak yang berpendapat kisahnya adalah kisah Romeo-Juliet versi Korea di era Joseon.

Drama Korea ini dibintangi oleh Moon Chae Won sebagai Lee Se Ryung, Park Shi Hoo sebagai Kim Seung Yoo dan Song Jong Ho sebagai Shin Myeon. Lee Se ryung digambarkan sebagai gadis yang ceria, memiliki rasa penasaran yang tinggi serta tegas. Sedangkan Kim Seung Yoo adalah lelaki ideal idaman para peremuan. Keduanya kemudian diceritakan saling jatuh cinta. Meski diawali dengan manis, kisah cinta mereka berujung tragis. Cinta mereka terhalang oleh restu orang tua.

source: http://www.dramabeans.com


 

5. The Moon That Embraces The Sun

Masih dengan drama Korea kerajaan yang memiliki kisah sedih, kali ini drama Korea berjudul The Moon Embracing The Sun yang menceritakan kisah cinta antara Raja Lee Hwon dengan seorang putri, Heo Yeon Wo.

Putri Heo Yeon Woo yang diperankan Han Ga In ini lahir dari keluarga bangsawan dan menjadi putri mahkota, tapi ia dijebak dan menghadapi eksekusi dan akhirnya justru hidup sebagai dukun dengan nama Wol. Kisah dalam drama Korea ini disebut-sebut persis dengan cerita Raja Heonjong, Raja ke-24 dari Dinasti Joseon.

source: https://soulsrebel.wordpress.com


 

6. Mirror of the Witch

Masih bercerita tentang putri yang terbuang, kali ini ada drama Korea berjudul Mirror of the Witch. Drama Korea ini tayang pada Juli 2016 dan diadaptasi dari buku terkenal yang berjudul Dongui Bogam, tulisan Heo Jun yang merupakan ahli pengobatan di zaman Dinasti Joseon.

Mirror of the Witch mengisahkan tentang perjuangan seorang putri raja bernama Seo Ri (Kim Sae Ron) yang terkena kutukan dan harus diasingkan ke hutan. Pada suatu hari ia bertemu dengan Heo Jun (Yoon Si Yoon) yang merupakan tabib muda di istana yang dikenal mampu menyembuhkan segala macam penyakit.

source: http://www.dramabeans.com

7. Scarlet Heart: Ryeo

Drama Korea sedih berikutnya adalah Scarlet Heart: Ryeo yang diangkat dari novel populer Tiongkok, Bu Bu Jing Xin. Awal cerita yang menyenangkan hanya sedikit saja, selebihnya hati kamu akan dibuat teriris-iris dengan kisah tragis masing-masing tokohnya. Mulai dari kisah hidup para pangeran yang mengharukan bahkan berujung pada kematian.

Meskipun ratingnya tidak terlalu bagus, tapi drama ini sangat populer di Tiongkok dan beberapa pemainnya bahkan mendapatkan penghargaan berkat penampilan mereka dalam Scarlet Heart: Ryeo. Cerita dari drama Korea ini sendiri bermula ketika Go Ha Jin (IU) yang baru dicampakkan pacarnya terdampar ke era Goryeo.

Di masa itu ia hidup sebagai Hae Soo yang merupakan sepupu Lady Hae (Park Shi Eun), istri dari pangeran ke-8 yang bernama Wang Ok (Kang Ha Neul). Selanjutnya ia bertemu Wang So (Lee Joon Kii), pangeran ke-4 yang misterius dan ditakuti banyak orang.

source: http://en.yibada.com