Bersihkan Wajah

Agar foundation untuk kulit berminyak bisa awet, pastikan kondisi wajah bersih saat hendak memakai makeup. Agar wajah bersih sempurna, lakukan double cleansing pada wajah. Langkah pertama, bersihkan wajah dengan pembersih wajah berbahan dasar minyak untuk mengangkat sisa makeup dan kotoran pada wajah. Selanjutnya, cuci wajah dengan facial foam untuk mengangkat sisa minyak pada wajah.

source: http://naturalbeautytips.co/best-homemade-face-wash-recipes/



 

Oleskan Es Batu

Es batu bisa membuat pori-pori wajah jadi lebih kecil dan mengurangi produksi minyak pada wajah. Dengan mengoleskan es batu sebelum memakai foundation, wajah kita akan lebih siap dan hasil makeup pun bisa lebih awet. Bungkus es batu ke dalam kain yang agak tebal, lalu oleskan pada seluruh permukaan wajah. Pijat wajah dengan perlahan sampai seluruh es batu mencair.

source: http://www.erdbeerlounge.de/beauty/schoenheits-op/coolsculpting-fett-wegfrieren-eis/



 

baca juga

Pakai Pelembap Berbahan Dasar Air

Meskipun wajah kita berminyak, jangan pernah lewatkan penggunaan pelembap wajah sebelum memakai foundation. Kulit wajah justru akan memproduksi lebih banyak minyak jika kulit dalam keadaan kering. Supaya pelembap cepat meresap dan tidak meninggalkan residu di permukaan kulit, pilih pelembap dengan bahan dasar air.

source: https://mulpix.com/songhyekyozone



 

Gunakan Primer

Primer adalah produk makeup yang sangat penting untuk mencegah minyak berlebih pada wajah. Gunakan primer terutama pada T-zone, yaitu dahi, hidung dan dagu kita. Selain mencegah minyak berlebih, primer juga berguna untuk membuat kulit terasa lebih halus sehingga memudahkan penggunaan foundation.

source: http://mugeek.vidalondon.net/what-to-put-on-your-face-before-makeup/



 

baca juga

Pilih Foundation yang Tepat

Agar makeup bisa awet, pemilihan foundation untuk kulit berminyak memerlukan beberapa trik khusus. Pilih foundation dengan label "oil free" untuk memastikannya tidak merangsang produksi minyak berlebih pada wajah. Selain itu, sebaiknya pilih foundation dengan finishing matte dibandingkan dewy karena efek kilap yang dihasilkan oleh foundation dewy justru akan membuat wajah kita terlihat seperti kilang minyak.

source: http://crownboxstore.com/make-up/kesalahan-sepele-menggunakan-foundation.html



 

Gunakan Bedak Tabur

Sebagai langkah terakhir, selalu gunakan bedak tabur setelah selesai memakai foundation. Bedak tabur punya formula khusus yang bisa menyerap kelebihan minyak pada wajah. Fokuskan pemakaian bedak tabur pada bagian wajah yang banyak memproduksi minyak seperti dahi, hidung, dan dagu.

source: https://www.makeup-pics.org/white-face-powder-makeup/white-face-powder-makeup-the-angelina-jolie-white-powder-incident-this-still-happens/