Mulailah dengan Kulit yang Bersih dan Terawat

Pastikan kamu sudah membersihkan wajah dengan facial foam untuk mengangkat minyak dan kotoran yang mungkin menempel. Setelah itu, gunakan produk-produk skincare yang sesuai untuk kulitmu. Tanpa kamu sadari, penggunaan skincare menjaga kadar hidrasi serta turut membantu mengatur produksi minyak. Makeup pun akan lebih mudah dibaurkan, dan menempel dengan lebih baik di kulit.

source: http://clark.com



Primer

Meskipun langkah ini seringkali dianggap tak penting, penggunaan primer wajah dan mata sangat bermanfaat agar makeup tahan lama di kulit berminyak. Pada dasarnya, primer memang dirancang sebagai alas agar foundation untuk kulit berminyak tahan lama. Kini, primer hadir dalam beragam varian, contohnya radiance primer yang mencerahkan atau correcting primer untuk meratakan warna kulit. Kulit berminyak sebaiknya memilih mattifying primer yang oil-free alias bebas minyak. Jangan lupakan eyeshadow primer sebelum riasan mata, agar eyeshadow tidak creasing dan eyeliner enggak luntur.

source: https://www.aliexpress.com
<baca juga>



Pertimbangkan Formula Oil-Free, Matte dan Long-Wear

Ketiganya adalah kata kunci dalam riasan untuk kulit berminyak. Karena kulitmu memproduksi sebum berlebih, maka kamu tak perlu tambahan minyak dari produk make up karena akan membuat riasanmu makin cepat luntur. Sementara itu, produk make up dengan hasil matte dan long-wear serta foundation untuk kulit berminyak akan membantu menahan minyak berlebih pada kulit. Kalau biasanya riasanmu akan luntur menginjak sore hari, dengan produk yang matte riasanmu justru akan tampak glowing alami.

source: http://www.thesundaygirl.com




Hindari Mengaplikasikan Terlalu Banyak Produk

Tanpa sengaja, kamu mengoleskan  terlalu banyak pelembap, tabir surya, atau foundation di wajah. Meskipun telah disesuaikan dengan kulit berminyak, terlalu banyak produk dapat membuat riasan mudah luntur. Untuk mencegah hal ini, cukup ambil selembar tisu wajah, lalu tepuk-tepukkan seolah sedang menggunakan kertas minyak. Jangan diusap. Setelah kamu rasa cukup, lanjutkan ke langkah berikutnya.

source: http://www.stylecraze.com
<baca juga>



Gunakan Bedak Secukupnya, Manfaatkan Blotting Sheets

Umumnya si pemilik kulit berminyak akan berinisiatif membawa bedak untuk touch up ketika wajah mulai berminyak. Padahal, menambahkan bedak berlapis-lapis hanya akan membuat riasanmu nampak cakey. Triknya, gunakan blotting paper atau blotting film untuk menyerap minyak berlebih di kulit. Setelah itu, baru tambahkan bedak tipis-tipis, apabila kamu rasa perlu. 

source: https://www.youtube.com



Setting Spray 

Saat butuh riasanmu tahan lama seharian, long-wear makeup setting spray perlu kamu pertimbangkan. Berbeda dengan face mist, setting spray mengandung teknologi khusus yang akan membuat riasanmu tahan lebih lama. Setelah selesai dengan foundation, bedak, blusher, contour, highlight dan sebagainya, semprotkan setting spray dari jarak 15-20cm ke seluruh wajah. Tunggu hingga menyerap sempurna, atau tepuk-tepuk perlahan dengan spons. Beberapa pilihan produk yang dapat kamu pertimbangkan adalah e.l.f. Cosmetics Matte Magic Mist & Set, NYX Matte Finish Makeup Setting Spray, Urban Decay All Nighter Long-Lasting Makeup Setting Spray, atau Urban Decay De-Slick Makeup Setting Spray.

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Setting Spray dan Fixing Spray, Cari Tahu Yuk Disini!
 

source: http://lionessegem.com