1. Mengapa tubuh Doraemon berwarna biru?

Penerbitan komik di Jepang biasanya diawali dengan halaman pertama yang berisi ilustrasi berwarna. Saat proses pewarnaan halaman tersebut, warna merah dan kuning telah banyak digunakan. Fujiko F. Fujio kemudian mencari warna yang belum digunakan pada halaman berwarna itu, maka dipilihlah warna biru untuk mewarnai tubuh Doraemon.
source: http://news4vip.livedoor.biz/archives/52070167.html

2. Bagian tubuh Doraemon sebenarnya terdiri dari alat canggih

Hidung Doraemon sebenarnya memiliki kemampuan mencium bau 20 kali lipat lebih kuat dari hidung manusia. Kumisnya berfungsi sebagai radar untuk mencari benda di kejauhan. Lonceng di leher Doraemon juga bisa memanggil kucing-kucing lain. Kakinya yang datar pun sebenarnya bisa membuat Doraemon bergerak selincah kucing. Sayangnya, semua bagian tubuh itu diceritakan sedang rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, jadi Minasan tidak pernah melihat Doraemon menggunakan bagian tubuhnya seperti yang disebutkan di atas.
source: http://item.rakuten.co.jp/tsta-shop/i1724/

3. Bukan Nobita yang melamar, tapi Shizuka

Kalau Minasan sudah menonton movie 3D terbaru Doraemon "Stand By Me", Minasan pasti tahu bahwa nantinya Nobita akan menikah dengan Shizuka. Tapi jangan berharap Nobita yang melamar, karena justru kata-kata itu keluar dari mulut Shizuka sendiri. "Aku khawatir kalau tidak ada di samping Nobita," katanya. Ugh, Nobita ini bikin iri saja!
source: http://www.bwallpapers.com/wallpaper/nobita-shizuka-wedding-7135/

4. Dorami itu sebenarnya robot pengurus rumah tangga

Minasan selama ini mengenal Dorami sebagai adik Doraemon. Kalau Doraemon adalah robot dari masa depan, maka Dorami sebenarnya adalah robot rumah tangga. Banyak alat-alat yang dapat membantu pekerjaan rumah tangga di dalam kantong ajaib Dorami seperti kain pel, keranjang belanja dll. Dorami sendiri kurang familiar dengan peralatan canggih di abad 22, makanya Dorami sering salah mengeluarkan alat dari kantongnya dan kurang paham dengan fungsinya.
source: http://matome.naver.jp/odai/2129413199129086901

5. Dulu Doraemon ditemani robot bebek bernama "Gachako"

Di tahun 1970, ada komik berjudul "Robot Gachako" yang dimuat dalam majalah komik saat itu. Ceritanya saat itu Doraemon baru saja datang dari masa depan dan masih belum bisa membantu Nobita sepenuhnya. Jadi Sewashi mengirimkan robot berbentuk bebek bernama "Gachako" untuk membantu Doraemon. Tapi sayangnya cerita tentang Gachako ini tidak dimuat dalam buku komik Doraemon yang diterbitkan setelahnya jadi banyak yang tidak tahu tentang Gachako.
source: http://blogs.yahoo.co.jp/area5_purple_rain/23237947.html

6. Banyak tokoh idola muncul di cerita Doraemon

Beberapa cerita Doraemon menampilkan karakter idola remaja yang muncul di komik lain. Salah satunya Marui Mari dari komik "Boku, Mari-chan da yo" yang diterbitkan tahun 1973 dan Hoshino Sumire yang juga menjadi P-Girl dari serial "P-Man".
source: http://www5b.biglobe.ne.jp/~shu-sato/perman/perman91.htm

7. Kimura Subaru telah mengisi suara Giant sejak dia SMP!

Seiyuu Giant yang sekarang; Kimura Subaru menggantikan seiyuu Giant yang sebelumnya; Tatekabe Kazuya sejak tahun 2005. Saat itu Kimura baru berumur 14 tahun, dan sudah mengisi suara Giant saat masih duduk di bangku SMP! Wah, hebat suaranya kok enggak berubah ya? Sekedar info, Kimura Subaru adalah seiyuu keturunan Jerman-Jepang dan tinggal di Jerman sampai berumur 7 tahun. Ganteng ya?
source: http://www.oricon.co.jp/news/2038490/full/
Wah ternyata banyak fakta menarik di balik kisah Doraemon ya!