Sejarah Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia berada di daerah Cisarua, yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Kawasan yang cukup sejuk ini berada di ketinggian 900-1800 m diatas permukaan laut. Diresmikan pada tanggal 16 Maret 1990, Taman yang sekarang mempunyai luas 168 hektar ini dilengkapi dengan berbagai sarana rekreasi edukasi bagi pengunjung, terutama anak-anak. Dengan suhu 16-24 derajat celcius, tempat rekreasi ini mempunyai koleksi sekitar 2500 satwa, termasuk satwa langka. Pengunjung pun dapat melihat dan memberi makan binatang tertentu. Fasilitas di sini juga cukup lengkap, seperti bus safari, danau buatan, pentas sirkus, gajah tunggang, perkampungan ala Afrika dan beberapa wahana menarik lainnya untuk anak-anak.

source: http://www.indonesia-tourism.com

Namun sebelum berkunjung ke Taman Safari Indonesia di Puncak, lihat dulu tips berikut ya!

 

baca juga

Jangan Berangkat Terlalu Siang

Untuk mengantisipasi kemacetan, sebaiknya berangkat lebih pagi. Jarak Jakarta dengan Cisarua kurang lebih ditempuh 2,5 - 3 jam perjalanan jika tidak macet. Selain itu, dengan datang lebih pagi, kamu dapat menyaksikan hewan-hewan di sini yang sedang makan. Jika kamu datang kesiangan, sebagian hewan sudah kenyang dan malas bergerak, atau bahkan ada yang tertidur. Hampir semua atraksi hewan dijadwalkan pada siang hari. Jadi setelah kamu berkeliling melihat hewan, kamu dapat langsung mendatangi atraksi hewan. Taman Safari Indonesia ini sudah buka dari pukul 09.00 pagi. Jika kamu tidak mau terjebak kemacetan, ada baiknya menginap di sekitar obyek wisata ini, agar kamu tidak terlalu lelah sesampainya di Taman Safari.

source: http://news.lewatmana.com


 

Membawa Uang Tunai

Taman Safari Indonesia tidak menyediakan alat pembayaran lain selain uang tunai. Oleh sebab itu sebaiknya membawa uang tunai agar kamu tidak direpotkan pada saat sampai di loket. Harga tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp150.000 dan Rp140.000 untuk anak usia dibawah 6 tahun. Jika kamu berkendara dengan mobil, tiket masuk sebesar Rp15.000 dan tidak dipungut biaya parkir lagi. Bawalah uang tunai secukupnya, karena biasanya Taman Safari Indonesia penuh saat liburan. Hal ini betujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ya.

source: https://uangteman.com


 

baca juga

Ikuti Aturan yang Ada

Setiap obyek wisata tentu mempunyai aturan yang harus diterapkan, demi kenyamanan dan keamanan pengunjung, termasuk di Taman Safari Indonesia. Jika kamu berkendara dengan mobil, ada beberapa hewan yang tidak boleh didekati. Untuk kelompok hewan buas seperti harimau, singa dan beberapa lainnya, kaca mobil harus tertutup rapat. Satu hal yang penting sebelum berangkat, kamu juga harus memastikan mobil dalam keadaan prima (alias tidak mogok di area hewan buas). Aturan berikut adalah soal kecepatan berkendara. Pada saat kamu berkeliling, mobil harus berjalan perlahan, untuk antisipasi ada hewan yang berjalan atau hewan yang menyeberang secara tiba-tiba.

source: http://remuzmarvelouz.blogspot.co.id


 

Jangan Lupa Membawa Kamera

Kamera adalah hal wajib yang perlu dibawa ya, ladies. Kamera sangat penting untuk mengabadikan liburanmu. Belum tentu dalam jangka waktu dekat kamu dan keluarga akan pergi ke sini lagi. Karena itu, abadikan setiap momen bersama orang terkasih dengan kamera, atau boleh juga dengan handphone. Kamu dapat tampil gaya bersama hewan-hewan tertentu yang diijinkan. Jangan lupa juga bagikan pengalamanmu di media sosial bersama fotomu yang fashionable ya. Dijamin kamu akan puas berlibur ke Taman Safari Indonesia.

source: https://www.kameradigital.co.id


 

Bawalah Pelindung Diri

Daerah Cisarua memang terkenal daerah yang sejuk, dan memiliki curah hujan cukup sering dibandingkan dengan di Jakarta. Sebagai antisipasi, sebaiknya kamu membawa payung, topi atau bahkan jas hujan. Pasti tidak menyenangkan jika sedang asyik bersama hewan, atau kamu sedang menikmati berbagai wahana tiba-tiba hujan turun. Tak mau liburanmu terganggu dengan cuaca? Sebaiknya siapkan perlengkapan tadi ya!

source: http://www.xuongsanxuatodu.com


 

Siapkan Makanan Untuk Hewan

Supaya lebih seru, pastinya kamu akan memberi makan hewan di Taman Safari. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membeli sayuran yang umum agar hewan-hewan mau mendekat jika diberi makan. Sayuran tersebut adalah kacang panjang dan wortel. Belilah beberapa ikat, karena ada banyak hewan yang dapat kamu beri makan. Agar lebih irit di kantong, sayuran tersebut dapat kamu beli di luar area Taman Safari, seperti di pasar. Tentunya di pasar harga sayur mayur akan lebih murah dibandingkan kamu membeli di area Taman Safari.

source: http://ifjakartathenpapaya.tumblr.com


 

Nikmati Aneka Pertunjukan Hewan dan Wahana Permainan

Ada beragam pertunjukan hewan yang lucu dan dapat kamu saksikan secara gratis. Ikuti jadwal pertunjukkan agar kamu tidak ketinggalan. Jadwal tersebut biasanya ada pada peta lokasi saat pertama kali kamu masuk ke loket untuk membayar tiket masuk. Ada atraksi gajah, Tiger Show, Birds of Prey, Dlophin Show, Sea Lions, Cowboy Show, Globe of Death, hingga Safari Theater. Selain itu, kamu juga dapat berinteraksi dengan Baby Zoo yang lucu. Kamu dapat melihat dan memegang langsung Baby Zoo seperti anak singa, anak harimau, anak buaya, anak beruang dan beberapa yang lainnya. Kamu tak perlu takut karena kamu akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Tak kalah menariknya, kamu dapat menikmati semua wahana yang ada, yang tentunya tak kalah serunya dari arena pertunjukan binatang.

source: http://www.bobocantik.com