Tiramisu
Nama dessert khas Italia yang telah mendunia ini berarti 'a little pick-me-up'  atau penyemangat untuk memperbaiki mood yang jelek. Resep tiramisu yang asli cukup mudah karena tak memerlukan kompor atau oven, hanya freezer. Dessert khas Italia ini terbuat dari lapisan biskuit lady finger yang direndam espresso dan campuran keju mascarpone, gula, kuning telur serta krim. Ada juga versi tiramisu tanpa kopi, yang sebagai gantinya menggunakan stroberi atau saus lemon. Konon, tiramisu berasal dari wilayah Veneto, bagian utara Italia.

source: http://www.thefoodjourney.com/tiramisu-the-authentic-italian-recipe/



Gelato
Gelato berarti "beku" dalam bahasa Italia, namun cikal bakalnya bermula di dataran China pada abad ke-14. Berbeda dengan es krim pada umumnya, gelato menggunakan lebih banyak susu dibanding krim; sedikit atau tanpa kuning telur; serta diaduk pada kecepatan yang lebih rendah sehingga teksturnya lebih padat. Apabila terbuat dari puree buah-buahan, maka akan disebut sorbet atau sorbetto. Supaya tetap lembut dan creamy, gelato disimpan dalam suhu yang lebih tinggi ketimbang es krim.

source: http://dviczsorvetes.blogspot.co.id/2012/12/
baca juga



Panna Cotta
Berasal dari wilayah Piedmont yang kaya akan kuliner berbahan susu, panna cotta berasal dari bahasa Italia dan memiliki arti "krim yang dimasak". Secara tradisional, panna cotta dibuat dengan memasak krim dengan madu dan putih telur. Sementara itu, panna cotta versi modern terbuat dari krim berkualitas tinggi, gula atau madu, dan diberi gelatin untuk mempertahankan bentuknya. Kalau sukses, panna cotta yang bagus akan lumer di lidah. Dessert khas Italia ini umumnya dihidangkan bersama fruit compote, saus karamel atau saus cokelat. 

source: http://www.taste.com.au/recipes/chocolate-panna-cotta-espresso-syrup/b34b3452-896f-41b0-ad44-6b338273c54d



Cassata
Berasal dari wilayah Sisilia, dessert khas Italia ini terbuat dari lapisan sponge cake yang diberi keju ricotta manis serta manisan kulit buah-buah citrus. Terakhir, seluruh bagian luar kue dilapisi marzipan, kemudian dihias dengan manisan buah atau dekorasi yang terbuat dari marzipan. Ada juga cassata versi wilayah Naples yang memakai gelato sebagai pengganti lapisan keju ricotta, layaknya ice cream cake. 

source: http://mondomulia.com/2014/07/14/sicilian-cassata-ricotta-cake/
baca juga



Cannoli
Bila dessert khas Italia sebelumnya bercitarasa manis dan segar, cannoli adalah dessert yang digoreng dan cenderung memiliki rasa gurih. Berasal dari Sisilia, cannoli adalah 'lembaran' roti khas Sisilia yang digulung menyerupai pipa, kemudian digoreng. Setelah itu, cannolo yang berarti 'pipa kecil' diisi dengan keju ricotta manis, manisan buah-buahan citrus, dan kadang-kadang serpihan cokelat.

source: http://valentismarket.com/bread-and-dessert-bakery/cannoli/