Haid atau menstruasi merupakan proses dimana luruhnya dinding rahim yang kemudian keluar menjadi darah. Normalnya, proses haid ini terjadi setiap bulannya dengan durasi selama 3 hingga 7 hari dan maksimal selama 14 hari. Namun, proses menstruasi ini seringkali datang tidak teratur, yang menyebabkan kekhawatiran akan terjadinya suatu penyakit pada rahim kita.

Tidak jarang, kaum wanita mengaitkan masa menstruasi yang tidak teratur ini dengan tandanya kehamilan. Padahal ladies, kamu tidak perlu merasa se-khawatir itu kok jika kamu memang masih dalam keadaan belum menikah alias masih lajang. Untuk itu, beautynesia.id memberikan kamu penjelasan mengenai penyebab dan dampak dari haid yang tidak teratur nih ladies khusus untuk kamu yang belum menikah. Semoga ulasan ini bisa menjawab keresahan kamu selama ini ya ladies!

 

Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Saat mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, kamu tentu merasa perlu untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya kan ladies? Menurut Dr. Yudhistya Ngudi Insan K. Sp.OG, terdapat beberapa penyebab dari tidak lancarnya masa menstruasi kamu nih ladies! Berikut ini penyebabnya:

source: https://vitalrecord.tamhsc.edu/9-reasons-missed-period/


1. Perubahan Kegiatan

Perubahan kegiatan yang dimaksud disini adalah kegiatan yang dulu rutin kamu lakukan, sekarang sudah tidak pernah kamu lakukan lagi. Seperti olahraga, kalau kamu seorang olahragawan yang selalu rutin melaksanakan kegiatan olahraga dan tiba-tiba kamu berhenti total, ini menjadi faktor yang berpengaruh juga lho ladies! Karena, dengan pola hidup sehat seperti berolahraga dapat membuat siklus haid kamu menjadi lebih teratur.

2. Pola Hidup Tidak Sehat

Penyebab yang satu ini mungkin seringkali kamu lakukan tanpa kamu sadari sebelumnya. Selain pola hidup yang tidak sehat dengan mengonsumsi alkohol, seks bebas dan merokok, mengonsumsi junk food juga bisa menyebabkan siklus haid kamu tidak teratur lho ladies! Hayo, kalau kamu pecinta junk food, mulai sekarang dikurangi deh porsinya ya ladies.
 
3. Perubahan Berat Badan Secara Drastis

Ladies, ini nih hal yang jarang menjadi perhatian sebagian kaum wanita yang juga sangat berpengaruh dengan tidak lancarnya siklus haid kamu. Dr. Yudhistira menyebutkan bahwa perubahan berat badan bisa menjadi faktor tidak lancarnya siklus haid seseorang. Tidak hanya naiknya berat badan secara drastis, melainkan turunnya berat badan secara drastis juga berpengaruh.
 
Menurun drastisnya berat badan seseorang biasanya tidak hanya karena faktor stress atau sakit saja ya ladies, diet ketat juga bisa membuat berat badan kamu turun dengan drastis dan memberikan dampak yang tidak baik dengan siklus haid. Karena, dengan begitu kebutuhan lemak yang biasanya dibutuhkan tubuhmu saat pembentukan hormon haid akan berkurang. Nah, perhatikan cara diet kamu dengan benar ya ladies untuk kamu yang sedang program menurunkan BB.
 
4. Stress

Penyebab lain dari tidak teraturnya siklus haid adalah faktor stress berlebihan. Dengan mengalami stress yang berlebihan, secara otomatis akan mempengaruhi keluarnya hormon pendukung menstruasi yang menyebabkan haid kamu menjadi tidak teratur nih ladies. Jadi, kurang-kurangi stress akibat deadline kantor atau karena putus cinta ya ladies, selain berdampak tidak baik pada kesehatan, hal tersebut juga sangat membuang waktu kamu lho.

 

baca juga

Dampak Haid Tidak Teratur

source: http://www.rd.com/health/conditions/missed-period-reasons/

Mengalami siklus haid yang tidak teratur tentunya akan memiliki dampak bagi tubuh kamu. Biasanya, dampak tersebut akan mengganggu kesuburan kamu nih ladies. Dampak tersebut terlihat juga pada perubahan fisik kamu yang terlihat menjadi bidang dan seperti tidak fresh. Selain itu, jerawat juga akan sering timbul di sekitar wajah kamu dan tentunya hal ini akan menimbulkan berbagai permasalahan lainnya. Karena darah haid merupakan darah kotor yang seharusnya dikeluarkan setiap bulannya.

Ladies, sekarang kamu sudah tahu kan penyebab dan dampak yang terjadi akibat siklus menstruasi yang tidak teratur? Tentunya kamu sudah paham kan bagaimana cara untuk mengatasi dan mencegahnya agar tidak terjadi? Semoga ulasan ini dapat membantu kamu ya ladies!