Walaupun gatal pada vagina kerap dialami oleh banyak wanita. Namun, kamu tidak bisa membiarkannya begitu saja. Mengapa? Karena kondisi tersebut tentu dapat membuat kamu menjadi tidak nyaman dan memalukan terlebih lagi jika disertai dengan bau tak sedap.
 
Namun, kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan air hangat atau rebusan air sirih untuk mengurangi rasa gatal pada vagina.
 
Akan tetapi, jika gatal tersebut tidak hilang berarti disebabkan oleh bakteri, jamur atau parasit. Tentu kamu membutuhkan perhatian khusus untuk menghilangkannya, yaitu dengan melakukan beberapa cara alami berikut ini:



1. Kompres dengan Air Dingin
Selain menggunakan air hangat, kamu juga bisa menghilangkan gatal menggunakan air dingin atau es batu karena ada beberapa bakteri yang dapat mati jika terkena air dingin dan biasanya terjadi pada malam hari. Rasa gatal yang timbul pada malam hari, selain dapat mengganggu tidur kamu juga dapat membuat kamu lelah.
source: http://blogqpot.com/images/cold%20water%20health%20benefits
baca juga


2. Cuka Sari Apel
Kandungan antibakteri dan antijamur yang ada pada cuka sari apel sangat baik untuk menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh jamur atau bakteri. Selain itu, cuka sari apel dapat membuat vagina menjadi asam yang membuat bakteri tidak dapat berkembang. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil dua sendok makan cuka sari apel yang dicampurkan dengan air hangat, lalu cuci vagina secara rutin sehabis mandi.
source: https://trucoscaserosparaelpelo.com/tratamientos-para-el-cabello-abundante/


3. Bawang Putih
Selain untuk menyedapkan makanan, bawang putih juga mengandung antibakteri yang mampu menghilangkan rasa gatal pada gatal.
source: http://www.well-beingsecrets.com/health-benefits-of-garlic/
baca juga


4. Garam
Bahan alami lainnya yang dapat mengatasi rasa gatal pada vagina adalag garam. Pasalnya, garam memiliki sifat antibakteri yang memang secara efektif mampu menghilangkan rasa gatal akibat bakteri. Kamu hanya perlu mencuci vagina dengan air garam setiap rasa gatal itu muncul. Selain dapat menghilangkan rasa gatal, garam juga dapat mencegah perkembangan bakteri.
source: http://www.ngs.co.uk/food_salt


5. Yoghurt
Mengapa yoghurt dapat menghilangkan rasa gatal pada vagina? Pasalnya yoghurt murni mengandung zat aktif yang dapat menambah bakteri baik pada vagina dan menghilangkan zat jahat. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat langsung mengoleskan yoghurt pada vagina.
source: http://gooday.nikkei.co.jp/atcl/report/15/071300026/060200104/?P=2