Banyak orang yang mempertanyakan manfaat dari mencukur bulu kemaluan. Pasalnya, bulu kemaluan berfungsi untuk melindungi organ intim kewanitaan yang sangat sensitif dari debu atau kotoran. Namun, bukan berarti kamu membiarkan bulu kemaluanmu terus tumbuh yang juga dapat membuat kamu menjadi tidak nyaman.
 
Selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim. Mencukur bulu kemaluan sebenarnya memiliki manfaat yang kamu dapatkan jika dilakukan dengan cara yang benar. Nah, ini dia manfaat mencukur bulu kemaluan:


 

source: http://caramembersihkanvagina.blogspot.co.id/


1. Membersihkan Kelenjar Minyak
Manfaat mencukur bulu kemaluan yang pertama adalah dapat membantu membersihkan kelenjar minyak atau keringat pada bulu kemaluan. Pasalnya, kelenjar minyak dapat membuat area organ intim lembab sehingga bakteri mudah berkembang biak yang dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada vagina.


2. Mencegah Bersarangnya Kutu
Untuk mencegah bersarangnya kutu kelamin pada vagina salah satu yang dapat kamu lakukan dengan rajin mencukur bulu kemaluan dan pastikan jika bulu kemaluanmu tetap tipis.


3. Mencegah Bau Tak Sedap
Bau tak sedap dapat timbul pada vagina karena adanya partikel kotoran dan sel-sel kulit mati. Nah, dengan rutin mencukur bulu kemaluan tentu dapat membantu mencegah bau tak sedap pada vagina.


4. Mengganggu Membersihkan Vagina
Bulu kemaluan yang terlalu tebal dapat menghalangi air saat kamu membersihkan organ intim. Kondisi tersebut tentu saja dapat membuat kebersihan organ intimmu tidak terjamin.


 
baca juga
source: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170413182404-255-207476/jangan-sembarangan-cukur-rambut-pubis/



Namun, dalam mencukur bulu kemaluan ada beberapa yang harus kamu perhatikan untuk mencegah terjadinya iritasi dan infeksi, antara lain:


1. Memilih Alat Cukur yang Tepat
Ada dua jenis alat cukur yang dijual dipasaran, yaitu manual dan elektrik. Namun, disarankan agar kamu memilih alat cukur manual yang dapat menjangkau area intim hingga mendalam. Selain itu, kamu juga bisa mengatur gerakan pisau cukur tujuannya adalah agar tidak melukai organ intim. Akan tetapi, para ahli menyarankan agar kamu menggunakan alat cukur sekali pakai agar tetap terjamin ketajamannya serta kebersihannya sehingga kulit akan terhindar dari infeksi bakteri.


2. Menggunakan Krim Cukur
Sebelum mulai mencukur, oleskanlah krim cukur khusus wanita untuk menghindari kulitmu agar tidak terluka. Pilihlah krim cukur yang mengandung pelembap untuk mencegah kulit kering serta hindarilah menggunakan krim cukur yang mengadung alkohol yang dapat menyebabkan iritasi kulit.


3. Gunting Sebelum Mencukur
Gunting terlebih dahulu bulu kemaluanmu sebelum mulai mencukur agar lebih mudah saat proses pencukuran. Setelah bulu kemaluan menipis, mulailah cukur dengan gerakan satu arah yaitu dari atas ke bawah. Hindari mencukur dari arah yang berlawanan. Setelah setelai mencukur, diamkan kulit dan bersihkan area yang dicukur agar tetap kering dan jangan menggunakan minyak, gel atau krim apa pun pada kulit karena pemakaian produk tersebut dapat menyumbat akar bulu.

Semoga bermanfaat!