Nasi Ayam Bu Pini – Kalau belum pernah melihat yang namanya nasi ayam, mungkin kamu akan bingung. Sebenarnya nasi ayam adalah nasi gurih yang diberi lauk ayam suwir dan kuah opor. Bicara soal nasi ayam khas Semarang, tentu Nasi Ayam Bu Pini tempatnya. Kamu akan disajikan nasi gurih dengan sayur labu pedas, krecek, tahu, ayam suwir, telur, dan disiram kuah opor.

Kurang pedas? Tinggal minta tambahan rawit. Kurang gurih? Kamu dapat menambahkan sendiri santan kental yang disediakan dalam mangkuk di atas meja. Beragam jajanan seperti sate telur puyuh, usus, siomay dan martabak dapat kamu pilih sebagai teman santapan.

Nasi Ayam Bu Pini
Gang Tengah No.75, Kranggan, Semarang Tengah, Jawa Tengah 50139
Harga: Rp 15.000 - Rp 20.000 per orang.
 

source: http://www.jenzcorner.net


Gudeg Koyor Mbak Tum – Wajib kamu coba, karena gudeg Semarang beda dengan gudeg Jogja. Apabila gudeg Jogja bercita rasa manis, maka gudeg Semarang cenderung asin. Konon, warung makan ini telah ada sejak tiga puluh tahun yang lalu. Kalau mampir ke sini, hampir pasti warungnya penuh dengan pengunjung, di meja maupun lesehan. Di bulan puasa, Gudeg Koyor Mbak Tum juga berjualan makanan untuk sahur.

Ada tiga makanan utama yang disajikan, yaitu nasi koyor, gudeg dan lontong opor. Sebagai pelengkap, kamu dapat mencicipi pete goreng, rempela goreng, ayam goreng, atau babat goreng. Perlu sedikit bersabar karena ramainya pengunjung seringkali membuat penjual kewalahan. Maklum, memang enak sih!

Warung Makan Mbak Tum Semarang
Jl. MT Haryono (Seberang Sri Ratu Peterongan, depan Bank BTN), Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Rp 20.000 - Rp 30.000 per orang.
 

source: http://www.adventurose.com
baca juga


Nasi Goreng & Babat Gongso Pak Karmin – Kamu penggemar babat? Kuliner yang satu ini patut kamu kunjungi. Nasi gorengnya gurih pedas dengan citarasa asin, dan babatnya empuk banget! Tak lupa dilengkapi dengan telur dadar. Sementara itu, hidangan babat gongso juga tak boleh dilewatkan.

Potongan babat di-gongso (ditumis agak lama) dengan bumbu berbahan dasar kecap. Kamu dapat memilih tambahan jeroan yang disukai. Rasa bumbunya sungguh meresap, babatnya pun empuk. Untuk minuman, coba pesan es jeruk. Berbeda dengan es jeruk yang kadang terasa hambar karena ditambahi air atau jeruknya kurang bagus, es jeruk Pak Karmin rasanya pas ala jeruk murni.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin
Jl. Pemuda (Samping Jembatan Mberok), Semarang
Telp: 024 - 3563334
Harga: Rp 25.000 - Rp 35.000 per orang.
 

source: http://jateng.tribunnews.com


Lunpia Gang Lombok – Inilah lunpia khas Semarang yang melegenda! Berbeda dengan lumpia Surabaya atau lumpia khas daerah lainnya, lunpia Semarang dicocol dengan saus kental berisi bawang putih tumbuk, lalu dimakan bersama cabai rawit dan daun bawang. Isinya irisan rebung (tunas bambu muda), daging ayam, telur orak-arik dan ebi yang dimasak dengan racikan bumbu khusus.

Lumpia Gang Lombok banyak digemari karena rebungnya tidak bau, kulitnya tipis dan garing namun nggak gampang 'pecah' ketika digigit. Kalau mampir ke sini di saat ramai, sebaiknya kamu bersabar karena seringkali pembeli membludak dan antri hingga ke seberang jalan.

Lunpia Gang Lombok
Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Jawa Tengah 50137
Harga: Rp 15.000 per buah
 

source: https://ksmtour.com