1. Faktor Ketidakseimbangan Hormonal

Jika menstruasi kamu tidak teratur, maka kamu perlu memeriksa bagaimana fungsi hormon kamu ke dokter ahli. Bila ada ketidakseimbangan hormon itu mempengaruhi siklus menstruasi yang teratur.

source: https://hellosehat.com/gejala-dan-penyebab-hormon-estrogen-rendah-wanita/


 

2. Terjadi Pertumbuhan Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan jaringan di lapisan rahim, dinding vagina dan saluran tuba. Hal ini menyebabkan ketidakteraturan dalam siklus menstruasi.

source: http://rellyyprimariawan.blogspot.co.id/2010/04/endometriosis.html


 

baca juga

3. Faktor Defisiensi Nutrisi

Diet sehat sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur. Bila tubuh kekurangan nutrisi tertentu, hal itu menyebabkan ketidakteraturan dalam siklus menstruasi bahkan menstruasi terjadi sekali dalam kurun waktu dua bulan.

source: https://www.deherba.com/ihwal-defisiensi-nutrisi-pada-vegetarian.html


 

4. Tingkat Stres Tinggi

Stres mempengaruhi siklus menstruasi kamu. Ketika kamu terlalu stres, hal itu menyebabkan pelepasan kortisol dan adrenalin, dua hormon stres utama. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi yang seharusnya 28 hari menjadi 60 hari.

source: http://www.womenshealthmag.co.uk/health/stress/2386/how-to-make-stress-is-a-good-thing/


 

baca juga

5. Faktor Hipertiroidisme atau Hipotiroidisme

Baik itu hipertiroidisme atau hipotiroidisme, kedua kasus memiliki dampak negatif pada siklus menstruasi. Di bawah hormon tiroid aktif atau lebih aktif dapat menyebabkan ketidakteraturan dalam siklus menstruasi.

source: http://www.alodokter.com/hipertiroidisme


 

6. Pertumbuhan Fibroid Uterine

Bila terjadi pertumbuhan fibroid di dinding rahim, ini mempengaruhi periode kamu. Hal ini menyebabkan pendarahan yang berlebihan dan berlangsung lebih dari siklus periode normal.

source: http://maduasli-hd.blogspot.co.id/2013/09/myoma-uteri.html


 

7. Sindroma Ovarium Poliklinik

Sindroma ovarium polikistik (PCOS) disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Ini menciptakan masalah di ovarium dan telurnya gagal berkembang. Hal ini menciptakan ketidakteraturan dalam siklus menstruasi.

source: http://gadingpluit-hospital.com/ind/content/FERTILITAS-IN-VITRO-IVF