Tidak jarang jerawat menimbulkan bekas pada wajah, mulai dari bekas berupa noda hitam, noda kemerahan, hingga bekas luka yang menyerupai lubang atau yang biasa disebut bopeng. Bekas jerawat berupa noda biasanya bisa hilang seiring berjalannya waktu, atau dipudarkan dengan pemberian obat topikal yang dioleskan pada permukaan kulit. Yang menjadi masalah adalah ketika muncul bekas jerawat berupa luka yang menyebabkan permukaan kulit tidak rata. Salah satu cara menghilangkan lubang bekas jerawat ini adalah dengan metode laser.
 
Secara umum, terdapat 2 kategori laser untuk mengatasi lubang bekas jerawat pada wajah, yaitu laser ablatif dan laser non ablatif. Laser ablatif merupakan laser yang bekerja di lapisan dalam dan permukaan kulit, dan “melukai” kulit dengan mengikis permukaannya. Sebaliknya, laser non ablatif merupakan jenis laser yang tidak “melukai” kulit. Jika dibandingkan, laser ablatif memberikan efek yang lebih baik dan bertahan jangka panjang dibandingkan laser non ablatif.

source: http://www.themartincenter.com/wordpress/pixel-erbium-laser/


Dua jenis laser ablatif yang cukup umum digunakan untuk mengatasi bopeng yaitu laser CO2 dan laser erbium
 
Laser CO2


Laser ini bertujuan untuk remodelling kolagen pada lapisan dermis kulit. Tidak hanya untuk menghilangkan lubang bekas jerawat, laser ini juga bisa untuk mengecilkan pori, mengatasi jaringan parut pada kulit, mengencangkan kulit, hingga mengurangi keriput dan kerut pada wajah. Laser CO2 merupakan terapi laser terbaik untuk solusi lubang bekas jerawat, serta memberikan hasil yang lebih maksimal dengan downtime (waktu pemulihan) yang lebih sedikit dibanding laser ablatif lain.
 

source: https://thelaserimagecompany.com/our-services/fractional-laser-resurfacing/
<baca juga>

Laser Erbium


Jika dibandingkan dengan laser CO2, laser erbium ini lebih tidak invasif. Laser ini juga efektif untuk mengatasi keriput ataupun masalah minor pada permukaan kulit wajah. Tidak jarang juga penggunaan laser erbium ini dikombinasikan dengan laser CO2 untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pertama, laser erbium digunakan untuk mengikis epidermis, kemudian  laser CO2 digunakan untuk mengontraksi kolagen.