Tahukah Minasan, overweight tidak selalu menjadi penyebab masalah kesehatan.
Lemak di bagian perut yang menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan.
Jadi sekalipun Minasan memiliki berat yang sesuai, namun jika Minasan punya lemak berlebih di bagian perut, Minasan perlu waspada.

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18220642
URL:   http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18220642

source: http://www.docsopinion.com/2014/08/24/lose-belly-fat-central-obesity-and-health/
Batasan lingkar perut bagi pria adalah 102 cm dan 89 cm untuk wanita.
source: http://www.docsopinion.com/2014/08/24/lose-belly-fat-central-obesity-and-health/
Berikut ini 6 langkah praktis yang bisa Minasan lakukan untuk mengurangi lemak di perut.

1. Hindari Gula, Kurangi makan Gula

Konsumsi gula berlebih dapat menjadi pendorong utama akumulasi lemak perut, terutama minuman manis seperti minuman dalam kemasan dan jus buah.

http://www.jci.org/articles/view/37385
URL:   http://www.jci.org/articles/view/37385

2. Memakan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makan cukup protein adalah cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Beberapa studi menunjukkan bahwa protein sangat efektif terhadap akumulasi lemak perut.
Satu studi menunjukkan bahwa jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi berbanding terbalik dengan lemak di perut. Artinya, orang yang makan lebih banyak dan lebih baik protein memiliki lebih sedikit lemak perut.
source: http://www.nutritionandmetabolism.com/content/9/1/5/abstract

3. Hindari Karbohidrat

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat sangat efektif untuk menyingkirkan lemak di daerah perut, di sekitar organ dan dalam hati.

4. Makan Makanan Kaya Serat

Ada beberapa bukti bahwa serat viscous dapat menyebabkan pengurangan jumlah lemak perut, yang seharusnya menyebabkan peningkatan besar dalam kesehatan metabolik.
Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat untuk makan banyak makanan nabati seperti sayuran dan buah-buahan. Kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik, serta beberapa sereal gandum (oats).

5. Olahraga Aerobik

Latihan tubuh bisa sangat efektif jika Anda mencoba untuk menurunkan lemak perut. Olahraga juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya.
Latihan aerobik (seperti berjalan, berlari, berenang, dll) telah terbukti menyebabkan pengurangan besar dalam lemak perut dalam berbagai studi.

6. Perhatikan Apa yang Masuk ke Mulut

Review kembali apa yang sudah Minasan makan selama seminggu, sehingga Minasan bisa mengukur makanan apa yang perlu dikurangi dan apa yang perlu ditambah.