Kenali Bahan Hijabmu!

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi hijab kusut adalah dengan mengenali bahan hijabmu. Setiap bahan memiliki karakteristik dan cara perawatan yang berbeda-beda. Perhatikan setiap ketentuan mengenai cara mencuci, menjemur, dan menyetrika dengan saksama. 

source: https://www.pinterest.com/pin/575546027359936939/


 

Cucilah Hijabmu Secara Manual Dengan Tangan

Tidak semua bahan hijab dapat dengan aman dicuci dengan mesin. Kamu perlu memeriksan daftar bahan yang aman untuk digiling dalam mesin cuci. Akan tetapi, tidak hanya itu, kamu juga perlu memerhatikan bahan pakaian lain yang kamu cuci bersamaan dengan hijabmu agar tidak merusak serat kain hijabmu.
 
source: http://www.goodhousekeeping.com/home/cleaning/tips/a31973/mistakes-hand-washing-clothes/?src=spr_FBPAGE&spr_id=1443_164184776

Nah, kalau kamu enggak mau ribet dengan semua itu, kamu dapat mencuci hijabmu secara manual dengan tangan. Mengucek hijab secara perlahan dengan menggunakan sabun cair sangat disarankan karena tidak akan membuat hijab kusut.

 

baca juga

Jemurlah Ditempat Sejuk

Hindari menjemur dengan paparan sinar matahari terik langsung. Panas yang berlebihan dapat membuat serat kain semakin renggang sehingga mudah untuk kusut.

source: https://www.pinterest.com/pin/511088257686932083/

Untuk itu, cobalah untuk mencari lokasi yang cukup rindang dengan angin untuk mengeringkan hijabmu.

 

Setrika dengan Panas Sedang

Hindari panas tinggi saat menyetrika! Panas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan serat kain rusak dan memudahkan hijab untuk kusut. Aturlah panas setrikamu dengan tingkatan sedang. Selain itu, panas yang terlalu tinggi juga dapat membuat garis lipatan saat menyetrika semakin jelas. 

source: https://www.pinterest.com/pin/517069600951128173/


 

baca juga

Lipat dan Simpan Hijabmu dengan Baik

Melipat dan menyimpan hijab tidak boleh dilakukan dengan asal, ya! Kamu dapat mencoba beberapa opsi cara menyimpan hijab tergantung dengan ruang tempat kamu menyimpan hijab. Pertama, kamu dapat melipatnya seperti biasa, tetapi perhatikan jangan sampai kamu melipatnya terlalu kecil. Kedua, kamu dapat menggulungnya untuk lebih menghemat ruang penyimpanan hijab. Terakhir, kamu dapat menggantungnya menggunakan hanger khusus hijab. 

source: https://www.pinterest.com/pin/538461699172267177/

Catatan :
1. Jangan menggunakan peniti atau pentul tumpul. Jarum yang pentul dapat merusak serat kain sehingga hijabmu akan semakin mudah kusut.
2. Perhatikan bros atau penitimu. Jangan gunakan bros atau peniti yang memiliki rongga pada bagian besinya karena itu dapat membuat serat kain pada hijabmu terselip dan membuat hijabmu kusut.
3. Menggunakan Hijab Clip dapat menjadi solusi untuk merawat kain hijabmu.