Schwarzwalder kirschtorte

Kalau di Indonesia makanan yang satu ini lebih dikenal dengan nama "Black Forest". Pada dasarnya, dessert khas jerman yang satu ini tidak ada bedanya dengan kue "Black Forest" hanya sebutannya saja yang berbeda pada setiap negara. Nah, kalau masalah rasa, seperti ketika kamu sedang membedakan rasa pizza buatan Italy dan pizza buatan Indonsia, maka rasanya akan berbeda. Meskipun sama-sama lezat, kue "Black Forest" buatan Indonesia akan memiliki rasa yang berbeda dengan kue "Black Forest" buatan Jerman atau Schwarzwalder kirschtorte.
 
source: https://id.pinterest.com/pin/516295544752922243/


 

Lebkuchen

Ternyata Jerman juga memiliki makanan Jahe lho. Meskipun jarang menggunakan Jahe asli karena sumber pangan yang sulit, Jerman berinisiatif untuk menciptakan resep roti jahe dengan menggunakan bahan dasar tradisional seperti hazelnut, madu, walnut, telor, potongan lemon, badam, kayu manis, jahe, ketumbar, pemento, adas manis, rempah dan marzipan untuk menciptakan rasa jahe pada roti Lebkuchen ini. Nah, untuk soal rasa mungkin tidak perlu kamu khawatirkan, karena makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang paling populer di Jerman.
 
source: https://www.bakerscousin.com/recipes/lebkuchen


 

baca juga

Pretzel

Hayo siapa yang belum tahu dengan makanan yang satu ini? Pretzel adalah salah satu makanan yang biasa dijadikan sebagai camilan atau makanan penutup yang paling favorit di Jerman. Bahkan tidak di Jerman saja, kue berbentuk pita yang satu ini sudah tersebar di berbagai negara barat maupun asia. Nah, salah satunya di Indonesia yang saat ini mulai banyak terlihat stand makanan khusus pretzel.
 

source: http://www.history.com/news/hungry-history/the-pretzel-a-twisted-history


 

Bienenstich

Dessert khas Jerman yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan tart atau cake termanis dan terlezat di Jerman. Kue berbahan dasar madu, vanilla dan almond ini sangat populer di Jerman. Rasanya yang manis dan lembut menjadikan makanan yang satu ini menjadi hidangan penutup yang wajib disediakan setelah makan malam atau setelah mengadakan acara khusus. Mungkin kamu pernah melihat atau mengetahui tentang kue  Bienenstich yang satu ini, karena makanan ini sudah sering sekali dibahas dalam acara masakan, majalah kuliner bahkan cerita komik. 

source: https://www.oetker.de/rezepte/r/bienenstich-klassisch.html