Baklava

Baklava merupakan salah satu hidangan roti manis seperti roti maryam namun berbentuk kotak seperti martabak. Yang membuat roti ini begitu spesial di Turki adalah topping madu pilihan serta sirup dan kacang yang rasanya dijamin akan memuaskan selera makan manis kamu. Ketika kamu sedang berjalan-jalan di Turki, jangan lupa untuk mencicipi roti Baklava yang satu ini, karena selain rasanya yang lezat, kamu bisa mendapatkan roti ini dengan mudah disana karena sudah dijual di berbagai toko kue di Turki.
source: http://cookdiary.net/baklava/


 

Lahmacun

Makanan yang satu ini memang terlihat seperti crepes namu ini bukan crepes. Di Turki ini adalah salah satu hidangan roti yang berbentuk bulat pipih yang ditaburi dengan gilingan daging, salad dan sari lemon yang membuat rasa dari roti ini sangat spesial. Nah, untuk cara memakannya terdiri dari dua cara yaitu dengan mengulung Lahmacun lalu dimakan seperti memakan kebab, lalu yang kedua adalah dengan merobeknya lalu makan sedikit demi sedikit.

source: https://turkishfoodfest.net/food-menu/lahmacun-2/


 

baca juga

Gullac

Kalau di Indonesia makanan khas ramadhannya adalah kolak, maka di Turki makanan khas yang harus ada ketika Ramadhan adalah Gullac. Makanan yang berbahan dasar adonan roti, susu, air mawar, kacang, dan biji buah delima ini memiliki tekstur yang unik. Selain unik, makanan yang biasa disantap setelah berbuka puasa ini memiliki rasa manis yang dominan sehingga sangat cocok dijadikan sebagai menu penutup setelah berbuka puasa.
source: http://www.gimas.com/sayfalar.asp?LanguageID=1&cid=27&id=142


 

Lokum

Makanan yang memilki nama lain "Dessert Delaight" ini merupakan salah satu camilan penututp yang memiliki tekstur kenyal dan lengket seperti dodol namun yang membedakan adalah Lokum ditaburi dengan gula halus sedangkan dodol tidak memiliki taburan. Nah bagi kamu yang sedang jalan-jalan di Turki jangan lupa untuk cobain camilan yang satu ini yah. Untuk mendapatkannya cukup mudah kok, karena sudah banyak dijual ditoko-toko kue disana. Oh iya, sedikit tips, kalau bisa kamu cari Lokum yang baru matang yah, karena katanya rasanya akan lebih nikmat.

source: http://www.marmaralokum.com.tr/en/


 

baca juga

Dolma

Dolma merupakan salah satu makanan Turki yang memiliki rasa yang unik yang tentunya hanya bisa kamu dapatkan disana. Dolma adalah sebutan untuk daun anggur yang diisi dengan sayuran seperti brokoli dan sayuran lainnya yang dipanggang dengan garam. Di Turki, daun anggur sangat terkenal seperti paprika atau zucchini. Nah buat kamu yang penasaran banget dengan rasa makanan yang satu ini, yuk jangan sungkan untuk mampir ke restoran untuk memesan menu Dolma ketika sedang mampir ke Turki. 
source: https://www.yenirakiglobal.com/recipe-dolma/