Persiapkan Dengan Matang

Persiapan sangat penting. Riset kecil-kecilan tentang destinasi wisata yang akan kamu tuju, transportasi yang akan kamu gunakan selama disana, budget yang perlu kamu keluarkan, penginapan, dan budaya sekitar. Google bisa membantumu mengumpulkan info atau bisa juga bertanya langsung ke temanmu yang tinggal di kota tujuan.
source: https://catatanransel.wordpress.com/2013/05/28/cara-aman-traveling-sendirian/

Bijak Menggunakan Socmed

Posting foto liburanmu di social media sih boleh-boleh saja. Namun hindari mengumbar info di social media kalau kamu traveling sendiri, karena hal ini bisa saja mengundang kejahatan.
source: http://jalan2.com/forum/topic/16007-aman-nyaman-dan-tetap-asyik-ketika-travelling-sendirian/
source:

Tiba Siang Hari

Karena kamu nantinya akan berada di tempat asing, hindari tiba pada malam hari demi keamanan. Pilih jam keberangkatan yang tepat, yang memungkinkan kamu sampai di tempat tujuan pada pagi atau siang hari.
source: http://keepo.me/balai-desa-channel/buat-kamu-para-cewek-yang-mau-solo-traveling-16-tips-ini-akan-menjagamu-tetap-aman-di-negeri-orang

Pisahkan Uang Cash

Sebaiknya uang cash dipisahkan jadi dua, selain ditaruh di dompet letakkan juga di tempat lain. Tujuannya adalah jika terjadi sesuatu dengan dompetmu, kamu masih punya uang cadangan.
source: http://swigmeetsworld.com/2014/04/02/top-6-travel-life-hacks/

Manfaatkan Teknologi

Gunakan aplikasi navigasi sebagai temanmu selama perjalanan. Aplikasi seperti google maps, waze maps, motionx gps dapat membantumu terhindar dari tersesat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membawa power bank yang telah terisi agar kamu tetap bisa menghubungi seseorang jika terjadi sesuatu.
source: http://swigmeetsworld.com/2014/04/02/top-6-travel-life-hacks/

Self Defense

Tidak ada salahnya menguasai bela diri demi menjaga keselamatan, tapi bagi kamu yang belum bisa bela diri, bisa juga membawa pepper spray untuk berjaga-jaga.
source: http://solotravelerblog.com/solo-travel-defence-easy-tips/