Manfaat dan Bahaya Ikan Salmon


Mengkonsumsi salmon secara rutin dapat menyehatkan tubuh kamu. Ikan salmon terkenal dengan kekayaan protein dan sumber mineralnya yang sangat baik jika dikonsumsi oleh manusia. Protein omega-3 yang terdapat pada daging ikan salmon ini ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh khsusunya untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Tidak hanya baik untuk jantung, kandungan protein lainnya yang terdapan pada ikan salmon yang satu ini juga memiliki manfaat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat menambah zat-zat baik pada tubuh ibu yang berguna untuk memperlancar proses hamil.

Meskipun memiliki manfaat yang sangat banyak, namun ada beberapa berita yang menghebohkan dunia mengenai efek berbahaya dari memakan hidangan khas Jepang yang satu ini secara mentah. Yup! tidak dapat dipungkiri bahwa memakan ikan salmon secara mentah-mentah ternyata memiliki efek berbahaya bagi tubuh. Parasit-parasit yang ada pada ikan mentah jika didiamkan dalam waktu yang lama akan berkembang biak menjadi cacing. Ditambah lagi bahwa adanya fakta dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh , seorang ahli mikrobiologi University of Florida bernama Keith Schneider yang mengatakan bahwa daging ikan salmon memiliki peluang paling besar untuk ditumbuhi oleh larva setelah diangkat dari air.

source: https://qubicle.id/story/berbagai-kesalahan-ketika-makan-sushi


Kesimpulan


Jadi apakah kesimpulannya bahwa mengkonsumi ikan salmon dengan cara sashimi atau mentah itu berbahaya? Jawabannya adalah balik lagi kepada proses persiapan daging salmon yang menentukan berbahaya atau tidaknya memakan daging salmon sashimi ini.

Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel tentang salmon sebelumnya bahwa memakan salmon sashimi memerlukan beberapa proses terlebih dahulu. Oke kita bahas satu-satu, dimulai dari penyebab tumbuhnya larva atau cacing pada ikan salmon mentah dikarenakan proses pembekuan ikan salmon yang salah. Proses pembekuan pada ikan salmon yang baik adalah dibawah suhu -20 derajat. Nah, jika proses pembekuan ikan sudah benar, hal berikutnya adalah menerapkan beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kadar bahaya pada ikan salmon mentah ini yaitu dengan cara merendamnya dengan cuka atau memakannya dengan saus wasabi yang memiliki manfaat mencegah dan membunuh adanya mikroba jahat dalam daging salmon.