Sashimi merupakan potongan ikan mentah segar. Tradisi memakan sashimi ini sudah dilakukan oleh para masyarakat Jepang sejak zaman dahulu. Hasil ikan Jepang yang terbilang baik, membuat para nelayan dan masyarakat tidak ragu untuk menyantap daging ikan salmon secara mentah-mentah. Memangnya enggak amis? Tentu tidak, justru sebaliknya ikan akan terasa sangat segar dimulut. Nah, bagi kamu yang suka mengonsumsi salmon sashimi, berikut ini ada beberapa tips untuk mempersiapkan salmon sebelum disantap.

source: http://www.samuelsandsonseafood.

 

Pilih Daging Salmon Segar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih daging salmon yang segar. Arti dari salmon yang segar adalah potongan daging salmon yang masih memiliki kulit atau sisik. Jika kamu membelinya di hypermarket atau swalayan, usahakan untuk membeli satu ekor salmon yang bagian badannya belum dipotong sama sekali agar kesegaran daging dapat tetap terjaga


 

baca juga

Pilih Jenis Salmon Sesuai Selera

Pilih jenis salmon yang sesuai dengan budget dan selera kamu dengan cermat. Jika kamu menginginkan rasa daging salmon yang memiliki rasa yang mewah, maka kamu bisa mencari salmon jenis raja yang memiliki tekstur lembut dan rasanya yang seperti mentega. Nah untuk pertama kali kamu bisa memilih salmon jenis coho yaitu salah satu jenis salmon yang memiliki rasa yang lebih ringan dari pada salmon raja dan juga lebih mudah untuk ditemukan di berbagai swalayan atau hypermarket terdekat


 

Persiapkan Salmon dengan Tepat

Setelah kamu mendapatkan salmon yang kamu mau, berikutnya adalah cara mempersiapkannya. Ada dua cara untuk mempersiapkan salmon sahimi yaitu dengan kulit atau tanpa kulit. Jika kamu ingin menyantapnya tanpa kulit, maka kamu bisa melepas kulitnya dengan menggunakan pisau tajam dan garam. Caranya adalah taburkan sedikit garam kebagian ujung ikan agar tidak licin ketika kamu pegang, lalu gunakan pisau tajam untuk mengupasnya secara perlahan hingga seluruh kulit terlepas dari daging ikan salmon.

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang bertulang jarang, jadi jika kamu melihat ada tulang atau duri yang masih tersisa, angkat tulang satu persatu dengan mengikuti alur serat pada daging.


 

baca juga

Sajikan dengan Nikmat

Untuk tips penyajian, kamu bisa potong daging berbentuk kotak-kotak atau tidak dipotong sama sekali. Nah untuk tambahan bumbu dasar, kamu bisa taburi garam dan lada pada kedua sisi daging. Kamu juga bisa menambahkan beberapa topping lain seperti brown sugar, lemon. minyak zaitun, wine merah atau mentega yang sesuai dengan selera kamu.

Gimana? mudah bukan mempersiapkan salmon sashimi kali ini? kamu yang ingin membuat makanan yang fancy dan bergizi, enggak ada salahnya untuk mencoba tips dari beautynesia.id yang satu ini lho. Selamat mencoba!

source: https://yosushi.com