Traveling ala backpacker memang akan lebih terasa atau penuh cerita dibanding tidak. Terlebih lagi jika kamu pergi bersama sahabat-sahabat yang tentunya akan membuat perjalanan kamu lebih seru dan menyenangkan. Bagaimana tidak, mulai dari sebelum berangkat, kalian harus mengurus semuanya sendiri seperti mencari tiket promo, menentukan penginapan dan lainnya.
 
Namun, sebelum kamu memutuskan untuk traveling ala backpacker ada beberapa perlengkapan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu agar traveling kamu menjadi semakin menyenangkan. Daerah tujuan menentukan jenis barang yang akan dibawa, misalnya jika kamu akan berlibur ke pantai, kamu tidak memerlukan jaket tapi berbeda jika kamu akan naik gunung, tentu jaket sangatlah diperlukan.
 
Selain itu, perlengkapan yang akan dibawa sebaiknya disimpan berdasarkan fungsinya agar kamu tidak bingung saat mencari barang. Misalnya, jangan menyimpan makanan dengan baju. Tapi simpanlah makanan dalam satu tas berbeda. Tak hanya itu, bawalah barang yang berfungsi ganda.
 
Lalu, apa saja perlengkapannya? Yuk, simak perlengkapan yang wajib dipersiapkan sebelum traveling ala backpacker berikut ini:

1. Tas Ransel yang Kuat dan Nyaman

Tas ransel atau carrier memang sangat indetik dengan backpacker. Namun, jangan asal memilih carrier, ingat bahwa tas tersebut akan menjadi teman setiamu traveling untuk seterusnya. So, jangan sampai kamu berasa tidak nyaman saat menggunakannya. Sebelum membeli, cobalah terlebih dahulu apakah kamu nyaman atau tidak saat memanggulnya. Perhatikan juga bantalan punggung, tali dada, tali pengatur atas, dan lainnya apakah sudah sesuai dengan kamu dan membuat kamu nyaman. Jangan memaksakan membeli hanya karna suka dengan warnanya dan lainnya. Menggunakan carrier yang tidak nyaman justru hanya akan menyulitkan diri kamu sendiri.

source: https://www.gapyear.com/articles/27459/solo-travelling-as-a-female1


 

baca juga
2. Sepatu yang Kuat dan Nyaman

Saat memutuskan untuk traveling ala backpacker, lupakanlah jalan-jalan nyaman menggunakan mobil. Karena pastinya kamu akan lebih sering jalan kaki atau pun menggunakan transportasi umum. Karena itu, gunakanlah sepatu yang nyaman dan kuat. Tak perlu ragu untuk mengeluarkan uang untuk membeli sepatu yang kuat dan nyaman, selain itu bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kaki yang kuat tak akan cukup jika tidak ditunjang dengan alas kaki yang nyaman.

source: http://blog.theclymb.com/passions/hike/hiking-boots-vs-trail-runners-vs-approach-shoes-vs-barefoot-shoes/


 

3. Menggunakan Money Belt

Dibandingkan tas atau dompet sebaiknya kamu menyimpan uangmu di money belt yaitu ikat pinggang biasa tapi memiliki risleting kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan uang. Hal itu bertujuan agar pencopet tidak menyadari jika ada uang yang tersimpan di sana. Money belt bisa kamu dapatkan di toko-toko yang menjual peralatan khusus traveling dan berkisar seharga Rp200 ribu hingga Rp250 ribu.

source: http://gogreentravelgreen.com/money-belt-reviews-for-every-traveler/


 

baca juga
4. Universal Adapter

Universal adapter sangat dibutuhkan jika kamu akan berlibur ke lura negera. Pasalnya dibeberapa negara seperti, Singapura dan Amerika memiliki stop kontak yang berbeda dari Indonesia. Tentunya kamu tidak mau dong kalau baterai handphone kamu habis saat traveling. Dengan universal adapter, akan sangat membantu ketika bertemu dengan beragam stop kontak di tempat tujuan.

source: http://www.lazada.com.my/all-in-one-universal-travel-adapter-1718038.html


 

5. Kamera

Saat traveling kamera adalah barang wajib yang harus kamu bawa untuk mengabadikan momen saat kamu sedang jalan-jalan. Namun, sebaiknya pilihlah kamera yang memiliki fitur dustproof, waterproofshockproof .

source: https://www.gapyear.com/articles/149061/backpacking-tips-for-girls