Tentu banyak orang yang bertanya-tanya, hobi apa sih yang dapat membuat kita menjadi semakin pintar? Bukannya hobi itu berarti melakukan hal yang disukai? Hmm.. ternyata ada beberapa hobi yang tidak kita sadari ternyata dapat membuat kita menjadi semakin pintar lho. Penasaran apa saja? Yuk, simak hobi yang dapat membuat kamu semakin pintar berikut:


 

1. Hobi Menulis

Ya, buat kamu yang hobi menulis secara tidak sadar akan membuatmu semakin pintar? Mengapa? Karena untuk menulis kamu perlu memahami terlebih dahulu mengenai topic utama yang akan kamu tulis. Misalnya kamu akan menulis tentang kesehatan, kamu tentu harus membaca dan memahami inti dari topic yang akan kamu tulis. Membaca dan memahami untuk bahas tulisan kamu, secara otomatis akan membuat kamu semakin cerdas karena mendapatkan ilmu baru.

source: http://www.write4money.co.uk/



 

baca juga
2. Hobi Bermain Musik

Para ilmuwan neuro telah melakukan penelitian selama bertahun-tahun mengenai manfaat musik untuk anak-anak terhadap peningkatan fungsi kognitif. Para ilmuwan meyakini bahwa latihan bermain musik dapat membuat kedua sisi otak bekerja. Hal tersebut juga berlaku untuk orang dewasa yang jika bermain alat musik, maka dapat menghasilkan efek neurologis.

source: https://www.livehappy.com/self/do-what-you-love



 

3. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang banyak dipilih orang untuk menurunkan berat badan. Tapi, tahukah kamu bahwa ada sebagian orang yang menjadi olahraga sebagai hobi. Tak hanya itu, yoga juga dijadikan sebagai meditasi. Seperti diketahui, meditasi membutuhkan konsentrasi dan fokus. Sebuah penelitian menunjukkan, orang dewasa yang melakukan meditasi akan memiliki ingatan yang baik.

source: http://www.pembswomensfestival.org.uk/event/full-day-yoga-women/



 

baca juga
4. Hobi Memasak

Selain dapat membuat perut kenyang dan juga dapat menghasilkan uang. Hobi memasak juga dapat membuat kamu semakin pintar lho. Saat kamu menghasilkan makanan atau resep baru, berarti kamu memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Tak hanya itu, setiap kali masak kamu akan belajar untuk multitask, seperti saat sedang merebus makanan, kamu harus memanfaatkan waktu untuk melakukan hal yang lain.

source: https://www.shutterstock.com/video/clip-4332344-stock-footage-young-woman-standing-in-kitchen-cutting-tomatoes-and-smiling-at-camera.html



 

5. Hobi Traveling

Siapa sih orang yang tidak suka traveling. Ya, selain dapat menghilangkan penat ternyata traveling dapat meningkatkan kecerdasaan otak lho. Seperti diketahui, banyak orang yang memilih traveling untuk menghilangkan stress, nah saat kamu terbebas dari stres akan membuatmu lebih fokus. Bahkan, traveling juga akan membuat kamu bertemu dengan orang yang beragam maupun gaya hidup masyarakat setempat. Hal tersebut tentu dapat memberikan pengetahuan baru.

source: http://indiatoday.intoday.in/story/practical-safety-tips-solo-female-travellers-can-follow/1/442424.html