Persiapkan Badan Sebelum Lari

Melakukan olahraga lari sangatlah membebankan gerakan otot tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Selain memberatkan otot tubuh, melakukan olahraga ini sangat memacu pemaksimalan proses pacu jantung. Dengan demikian,ada pun tips olahraga lari yang baik dan benar yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan lari.

Apa saja sih yang harus disiapkan? yang pertama adalah asupan, jika kamu berolahraga tanpa adanya kalori yang tersisa dalam perut, maka bisa dipastikan kamu akan cepat lemas bahkan yang paling parahnya kamu bisa black out secara tiba-tiba. Solusi yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi kondisi ini adalah mengisi perut terlebih dahulu. Paling sedikitnya, kamu bisa mengonsumi makanan manis seperti roti selai, buah-buahan atau cokelat sebelum berlari. Dengan begitu kamu akan memiliki cadangan kalori sehingga olahraga kamu lancar.

source: http://food.ndtv.com/food-drinks/have-you-been-eating-bananas-with-milk-you-must-read-this-1694129


 

baca juga

Gunakan Outfit yang Sesuai

Penggunaan outfit berlari disini sangatlah perlu diperhatikan. Kamu harus menggunakan pakaian yang longgar dan mudah untuk menyerap keringat. Jika kamu punya pakaian lari yang didesain agar bisa melar ketika kamu bergerak, itu akan jauh lebih bagus untuk kamu gunakan. Untuk pemakaian sepatu pun juga sama, ada baiknya kamu menghindari pemakaian sepatu selain sepatu untuk berlari, karena jika kamu berlari menggunakan sepatu jalan, akan ada kemungkinan sepatu kamu akan melukai kaki kamu sendiri. So, gunakan pakaian yang senyaman mungkin dan sesuai.

source: http://theawesomedaily.com/best-running-program-ever/


 

Atur Pola Lari

Melakukan lari yang baik tentunya memiliki aturan yang perlu kamu patuhi. Jika kamu berlari dengan memforsir tubuh hingga batas nafas kamu, maka hal tersebut akan berefek kurang baik untuk tubuh kamu. Melakukan lari yang baik adalah berlari dengan menggunakan pola waktu yang baik. Pola waktu yang baik disini diartikan sebagai pengaturan porsi berlari kamu. Contoh, untuk awal kamu bisa berlari selama 5 menit lalu berhenti sejenak selama 3 menit, lalu lakukan hal tersebut berulang kali hingga kamu merasa sanggup untuk menambahkan waktu berlari. Hal tersebut berguna agar otot-otot kamu merenggang dengan baik dan juga gaya gerak kamu menjadi tidak memforsir kadar proses jantung yang memompa pernapasan.

source: http://www.dmnews.com/marketing-strategy/read-now-before-time-runs-out/article/367357/