Kamu yang setiap hari memakai sunblock pasti tahu kan salah satu faktor yang membedakan pada setiap sunblock yaitu nilai atau jumlah SPF. Terdapat sunblock dengan SPF 15, SPF 20, SPF 25, SPF 30, SPF 50, hingga yang tertinggi yaitu SPF 100. Tapi, apakah kamu benar-benar tahu arti di balik berbagai nilai SPF serta fungsinya? Sebelum kamu membeli stok sunblock menjelang musim panas ini, ketahui dulu yuk fungsi dan kegunaan SPF pada sunblock!
 

Apa Arti SPF Pada Sunblock?


SPF merupakan kependekan dari Sun Protection Factor yang merujuk pada kemampuan sunblock dalam menangkal sinar UVB. UVB sendiri merupakan radiasi ultraviolet yang bisa menyebabkan sunburn (kulit terbakar). Penilaian tingkat SPF sendiri menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kulitmu mencapai titik terbakar ketika menggunakan sunblock, dibandingkan dengan ketika tidak menggunakan sunblock.
 

source: http://www.beautysuppliesboss.com/


 


Bagaimana Cara Menghitung Waktu Perlindungan Tiap SPF?


Tanpa perlindungan apapun, kulit normalnya akan terbakar atau mengalami sunburn dalam waktu 10 menit. Nilai SPF yang tertera pada sunblock mengindikasikan berapa kali lipat waktu yang diperlukan kulitmu untuk mengalami sunburn. Misalnya, SPF 30 bisa melindungi kulitmu selama 30x10 menit, yaitu 300 menit.
 

source: http://www.oufa-travel.com/info/tpage702
<baca juga>


Apakah Semakin Tinggi Nilai SPF Maka Semakin Baik Perlindungannya?


Jangan terkecoh dengan angka SPF ya,ladies. Nilai SPF yang lebih tinggi bukan berarti memberikan perlindungan dua kali lipat dari SPF yang lebih rendah, melainkan bisa memberikan perlindungan lebih lama. Jumlah minimum SPF yang direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari yaitu SPF 15, dan faktanya, SPF 15 saja sudah bisa melindungi kulit dari 93% UVB yang mengenai kulit, SPF 30 sebesar 97%, dan SPF 50 sebesar 98%. Satu hal lagi, semakin tinggi nilai SPF, maka cenderung formula sunblock akan semakin terasa "berat" pula di kulit. Jadi, tidak perlu memaksakan sunblock dengan SPF 100 untuk penggunaan sehari-hari ya!
 

source: https://hellosehat.com/


 

Nah, sekarang kamu sudah mengerti kan cara kerja SPF pada sunblock? Kira-kira kamu butuh sunblock dengan nilai SPF berapa nih untuk melawan cuaca panas ini?