1) Menerima Diri dan Keadaan yang Sedang Kamu Alami


Biasanya stres dirasakan, terutama oleh ibu karena tidak percaya diri dan merasa gagal dalam merawat bayi. Karena serba pertama kali, maka banyak kesalahan yang mungkin terjadi. Sebenarnya kesalahan itu hal lumrah dan semua orangtua baru pernah mengalaminya. Yakinkan dirimu untuk menerima keadaan tersebut, dan berusahalah untuk memberikan yang terbaik untuk buah hatimu. Kamu bisa belajar dari buku, orangtua, sahabat yang berpengalaman dan langsung pada ahlinya.

source: http://www.mommyish.com/tag/new-mom-stress-anxiety/



2) Luangkan Waktu untuk Me Time


Kurang istirahat dan bersantai akan membuat kamu mudah stres. Karena itu, luangkan waktu sejenak untuk melakukan hal-hal menyenangkan diri, seperti menonton televisi, membaca buku, beauty treatment dan sebagainya. Me time paling bagus kamu lakukan ketika si kecil sedang tidur. Mencuri waktu sejam saja untuk ber-me time bisa membuatmu fresh kembali.

source: https://media.timeout.com/images/102805001/image.jpg


 

<baca juga>



3) Berbagi Cerita dengan Suami Atau Orang Terdekat


Tips mengurangi stres bagi orangtua baru yang tak kalah efektif adalah dengan curhat atau sharing dengan suami dan orang terdekat. Banyak orang yang merasa lega ketika ia membicarakan masalahnya dengan orang lain. Buat kamu, tentu saja suami paling cocok mendengar keluh kesahmu. Jika belum merasa tenang juga, kamu bisa curhat dengan orang-orang terdekatmu. Mungkin saja mereka bisa memberikan solusi yang kamu butuhkan.

source: http://www.saidaonline.com/en/news.php?go=fullnews&newsid=42254


 



Meditasi


Serba sibuk setiap hari ternyata dapat membuat diri jadi lebih panik dan stres. Karena itu, ambil waktu beberapa menit lalu lakukan meditasi atau berdiam diri dan mengatur pikiran dengan baik. Meditasi sudah terbukti dapat meningkatkan ketenangan diri dan mengurangi rasa cemas.

source: http://www.prevention.com/mind-body/natural-remedies/how-meditate-deal-stress


Good luck!